Dakwah Digital (Studi Strategi Membentuk Dai Digital Di Aceh)

Abdul Rani, 1311263170 (2020) Dakwah Digital (Studi Strategi Membentuk Dai Digital Di Aceh). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Sebuah penelitian tentang pembentukan dai'i digital di Aceh dengan pemanfaatan berbagai media digital dan media sosial)
Dakwah Digital.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Profesionalisasi seorang juru dakwah harus mampu menjawab tantangan di era globalisasi seperti yang seperti yang terlihat sekarang ini. Kehadiran seorang da’I yang professional dalam melakukan aktivitas dakwah digital yang berbasis internet selain sebagai pesan juga mendorong kemasan materi dakwah yang berdampak tertentu bagi audien (sasaran dakwah), disini media mempunyai peran dan fungsinya sebagai instrumen yang dapat mengubah struktur penyampaian pesan dakwah Islam berbasis media analog atau tradisional yang selama ini dipakai. Disisi lain hari ini masyarakat ingin belajar secara instan, dengan keterbatasan waktu yang dimiliki, bahkan untuk mendapatkan ilmu dan wawasan keagamaan semakin sempit sehina perlu adanya terobosan baru yang mesti dilakukan oleh da’I khususnya Aceh untu memanfaatkan media dakwah digital. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan dakwah digital, pemahaman dakwah digital pendai, tantangan dakwah digital dan strategi membentuk dai digital di Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendakwah harus menjadi subjek dakwah pada penggunaan media dakwah dalam aktivitas dakwah Islam dan dalam aksinya harus menggunakan media massa, seperti TV, Radio, Koran, Majalah, serta media sosial dan media audio, dalam blog, twitter, facebook sehingga dakwah yang dilakukan dengan multi media tentunya akan memiliki dampak yang signifikan.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdul Rani Usman
Date Deposited: 25 Sep 2020 09:45
Last Modified: 25 Sep 2020 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item
TOP