Ritual Rajah Seumapa Pada Masyarakat Gunong Cut Kecamatan Tangan-Tangan (Suatu Analisis Teologis)

Junaida, 150301042 (2020) Ritual Rajah Seumapa Pada Masyarakat Gunong Cut Kecamatan Tangan-Tangan (Suatu Analisis Teologis). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Ritual Rajah Seumapa Pada Masyarakat Gunong Cut Kecamatan Tangan-Tangan (Suatu Analisis Teologis))
Junaida, 15030142, FUF, AFI, 0822-7359-7310.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rajah seumapa merupakan ilmu pengobatan tradisional Aceh yang disebabkan oleh sapaan roh orang yang telah meninggal. Rajah seumapa dilakukan dengan cara membacakan ayat-ayat al-Qur’an serta dibacakan pula mantra-mantra, alat yang digunakan dalam ritual rajah seumapa adalah kunyit dan kapur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mempraktekkan rajah seumapa dalam masyarakat Gampong Gunong Cut, kepercayaan masyarakat terhadap ritual rajah seumapa serta dampak ritual rajah seumapa terhadap kehidupan sosial masyarakat Gampong Gunong Cut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, adapun metode analisis datanya menggunakan pendekatan deskriptif analisis akan menghasilkan penelitian lebih berkualitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rajah seumapa dipercayai oleh masyarakat yang berfungsi untuk menyembuhkan sakit baik sakit yang disebabkan karena seumapa maupun sakit yang lainnya. Dampak rajah seumapa sangat berpengaruh dalam lingkungan masyarakat setempat karena masyarakat mempercayai rajah seumapa tersebut. Alasan mengapa masyarakat masih melakukan rajah seumapa sampai saat ini yaitu karena rajah seumapa sangat terbukti dapat menyembuhkan sakit, maka dari itu masyarakat sangat sulit untuk mejauhi apalagi meninggalkan rajah seumapa dalam kehidupan masyaraka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Firdaus, M. Hum, M.Si Pembimbing 2 : Fatimahsyam, S.E. M.Si
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2X3.7 Kepercayaan mengenai hal-hal tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Junaida Junaida
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:00
Last Modified: 05 Oct 2020 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item
TOP