Variasi Morfometrik Tiga Spesies Kepiting Genus Uca Jantan (Decapoda: Ocypodidae) Yang Ditangkap Di Kawasan Mangrove Jaboi - Pulau Weh, Provinsi Aceh

Rena Marlinda, 150703075 (2020) Variasi Morfometrik Tiga Spesies Kepiting Genus Uca Jantan (Decapoda: Ocypodidae) Yang Ditangkap Di Kawasan Mangrove Jaboi - Pulau Weh, Provinsi Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Variasi Morfometrik Tiga Spesies Kepiting Genus Uca Jantan 	 (Decapoda: Ocypodidae) Yang Ditangkap Di Kawasan Mangrove  Jaboi - Pulau Weh, Provinsi Aceh]
Preview
Text (Variasi Morfometrik Tiga Spesies Kepiting Genus Uca Jantan (Decapoda: Ocypodidae) Yang Ditangkap Di Kawasan Mangrove Jaboi - Pulau Weh, Provinsi Aceh)
Rena Marlinda, 150703075, FST, Biologi, 082277499144.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengtahui variasi morfologi dan bagaimana hubungan substrat terhadap variasi morfologi kepiting Tubuca dussumieri, Gelasimus vocans , Austruca perplexa . Pengambilan sampel kepiting biola dilakukan pada 3 titik, pengambilan tersebut dilakukan pada saat air laut surut menggunakan metode digging dan pengambilan langsung. Metode digging dilakukan melalui penggalian terhadap sarang kepiting biola sedalam 30 cm menggunakan sekop kecil, sementara pengambilan secara langsung dilakukan pada kepiting biola yang muncul diatas permukaan tanah dengan mengunakan jaring. Jumlah spesies yang diambil sebanyak 150 individu untuk 3 jenis spesies kepiting biola. Data kualitas air dan tanah yang diukur meliputi salinitas, pH tanah, suhu air dan kandungan C- organik subtrat. Jumlah ulangan untuk setiap parameter pengukuran adalah sebanyak tiga kali. Salinitas diukur menggunakan refraktometer, pH tanah yang diukur menggunakan pH meter tanah, sedangkan suhu air diukur menggunakan termometer digital. Pengambilan sampel untuk pengujian kandungan C-organik dan penentuan tipe sedimen pada lokasi penelitian dilakukan menggunakan sekop kecil masing-masing sebanyak 200 gr. Pengukuran kandungan C-organik subtrat mengacu pada metode Walkey dan Black (Foth, 1991). Jumlah karakter morfometrik yang diukur adalah sebanyak 18 karakter. Analisi data morfometrik menggunakan ANOVA dan Discriminant Function Analysis. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat 10 karakter pembeda antara Tubuca dussumieri dengan Gelasimus vocans , 17 karakter pembeda antara Tubuca dussumieri dengan Austruca perplexa dan 13 karakter pembeda antara Gelasimus vocans dengan Austruca perplexa .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Khairun Nisa, S.Si., M.Bio Pembimbing II : Ilham Zulfahmi, M.Si
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Rena Marlinda
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:04
Last Modified: 28 Sep 2020 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item
View Item