Kompetensi Dosen Dalam Meningkatkan Kualitas Akademik Mahasiswa (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Lisna Turrahmi, 150403056 (2020) Kompetensi Dosen Dalam Meningkatkan Kualitas Akademik Mahasiswa (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kompetensi Dosen Dalam Meningktakan Kualitas Akademik Mahasiswa (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)]
Preview
Text (Kompetensi Dosen Dalam Meningktakan Kualitas Akademik Mahasiswa (Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry))
Lisna Turrahmi, 150403056, FDK, MD, 085362230406.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kualitas akademik mahasiswa pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi di UIN Ar-Raniry menunjukkan Indeks Prestasi masih rendah, yaitu berkisar antara 2,70 hingga 3,00 yang tergolong pada kategori cukup. Hal ini menunjukkan kemungkinan keberhasilan dosen dalam mengajarkan mahasiswa masih belum maksimal. Dosen diharuskan memiliki kompetensi yang memadai dalam proses pengajaran. Berkompetensi atau tidaknya seorang dosen dapat dilihat dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Untuk itu penulis tertarik mengetahui kompetensi dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi tujuan penelitian, (1) Untuk mengetahui kompetensi dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang kompetensi dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki beberapa kompetensi seperti para dosen mengetahui langkah-langkah dalam mengembangkan kualitas akademik mahasiswa, dosen mengetahui cara menjelaskan materi pelajaran dengan memberikan penjelasan mengenai dasar-dasar atau latar belakang dari mata kuliah tersebut. (2) Untuk mengetahui upaya dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa menerapkan beberapa upaya seperti usaha dosen dalam meningkatkan pengetahuan, memberikan informasi secara jelas dan dosen mengupayakan mendekatkan mahasiswa untuk penanaman sifat yang baik. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam kompetensi dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi seperti rendahnya indeks prestasi komulatif (IPK), kurangnya disiplin, kurangnya referensi serta masih kurangnya respon pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Dosen, Kualitas Akademik, Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.382 Administrasi Manajemen
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Lisna Turrahmi
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:28
Last Modified: 28 Sep 2020 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item
View Item