Komunikasi Budaya Melalui Media Audio-Visual (Studi Atas Film Children Of Heaven, The Color Of Paradise, Dan Baran Karya Majid Majidi)

Abdul Rani, 1311263170 (2020) Komunikasi Budaya Melalui Media Audio-Visual (Studi Atas Film Children Of Heaven, The Color Of Paradise, Dan Baran Karya Majid Majidi). UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Sebuah penelitian tentag komunikasi budaya melalui media audio visual yaitu film)
Komunikasi Budaya Melalui Media Audio-Visual.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media audio-visual atau film adalah media mutakhir yang sangat efektif untuk melakukan proses komunikasi antar budaya. Kode-kode dan bahasa metafora sebuah kebudayaan harus dipahami dan dimakanai sebagai gagasan untuk mencegah kesalahpahaman sosial yang berujung pada konflik horisontal. Namun banyak kalangan belum maksimal dalam mendayagunakan media audio-visual dalam proses saling memahami. Pembelajaran budaya melalui buku dan media tekstual lain belum memadai hingga kita menonton langsung ekspresi budaya suatu komunitas sebagai usaha membangun komunikasi. Penelitian ini membahas pola komunikasi budaya masyarakat dan bangsa Iran yang direprensatasikan memalui tiga film paling terkenal dari sutradara Iran Majid Majidi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskripsi dan analitis dengan diperkuat oleh teori semiotika dalam komunikasi visual untuk menemukan kemungkinan makna dalam interaksi budaya. Hasil kajian menunjukkan bahwa komunikasi budaya yang direpresentasikan dalam ketiga film itu sangat humanis, agamis dan sufistik dengan model pengambilan gambar-gambar sangat puitis dan intens sehingga proses komunikasi yang disampaikan sangat strategis untuk membuka wawasan dan pengetahuan tentang negeri Mullah itu yang selama ini tertutup dan jarang diakses.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdul Rani Usman
Date Deposited: 25 Sep 2020 09:45
Last Modified: 25 Sep 2020 09:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14296

Actions (login required)

View Item View Item
TOP