Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat20 di Kelas VII MTsN 6 Montasik, Aceh Besar

Mizanul Kubra, 160201143 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat20 di Kelas VII MTsN 6 Montasik, Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning    Dalam  Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat20  di Kelas VII MTsN 6 Montasik, Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sifat20 di Kelas VII MTsN 6 Montasik, Aceh Besar)
Mizanul Kubra, 16201143, FTK, PAI, 081265119505.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang tidak di desain membuat siswa bosan dan jenuh pada saat belajar, yang membuat hasil belajar siswa rendah terhadap pembelajaran. Penerapan Model Problem Based Learning merupakan salah satu cara yang efektif untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara Online yang bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi Sifat 20 “Sifat-sifat Allah dan Pembagian-Nya” yaitu pada materi 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini berlangsung dalam II siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi guru pada siklus I dengan nilai rata-rata 60% (cukup). Kemudian pada siklus ke II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 88,18% (baik sekali). Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 62,96% (cukup) terlihat bahwa masih sangat banyak kekurangan, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,70% (baik sekali). Berdasarkan hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh 64%, kemudian pada siklus II peningkatan yang diperoleh 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning yang sudah diterapkan dapat meningkatkan pemahaman berdasarkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr.H. M. Hasbi Amiruddin, MA Pembimbing II : Syafruddin, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Keaktifan, Pemahaman Sifat 20
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mizanul Kubra Mizan
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:18
Last Modified: 28 Sep 2020 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item
View Item