Persepsi Masyarakat Terhadap Wacana Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin (Studi Kasus di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)

Ibnu Hajar, 150101078 (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Wacana Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin (Studi Kasus di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Wacana Tes Narkoba Bagi Calon Pengantin (Studi Kasus di Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar))
Ibnu Hajar, 150101078, FSH, HK, 082161083322.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Aceh membuat wacana pemberlakuan qanun untuk tes Narkoba bagi calon pengantin. Wacana ini mendapat pandangan yang berbeda oleh masyarakat Kecamatan Ingin Jaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat kecamatan Ingin Jaya tentang wacana tes Narkoba bagi calon pengantin faktor-faktor yang mempengaruhinya dan tinjauan hukum Islam terhadap wacana tes Narkoba bagi calon pengantin Kecamatan Ingin Jaya. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui sebagian masyarakat Kecamatan Ingin Jaya berpandangan baik terhadap wacana tes Narkoba bagi kalangan pengantin tersebut. Para pemuka agama juga mendukung diberlakukannya wacana tes Narkoba di kalangan calon pengantin yang ada di Kecamatan Ingin Jaya khususnya dan umumnya masyarakat Aceh. Pengaruh tes narkoba bagi calon pengantin terhadap keluarga pengantin yaitu tertundanya waktu perkawinan. Pengaruh lain terhadap para calon pengantin ialah pembangkangan hukum yakni dengan melakukan pernikahan yang tidak sesuai prosedur hukum yang berlaku di Kabupaten Aceh Besar. Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Kecamatan Ingin Jaya tentang wacana tes Narkoba bagi calon pengantin adalah rasa takut akan terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam keluarga jika sudah berumah tangga. Ditakuti keturunannya akan mengikuti jejak orangtuanya yang memakai Narkoba. Faktor lain ialah untuk menghindari berbagai kasus KDRT yang dapat merusak keharmonisan rumah tangga mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misran, S.Ag., M.Ag Pembimbung II : Muslem Abdullah, S.Ag., MH
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Wacana Tes Narkoba, Calon Pengantin
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.3028 Bimbingan Perkawinan, Termasuk BP4
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Ibnu Hajar Ibnu
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:34
Last Modified: 29 Sep 2020 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item
TOP