Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir Perspektif Mazhab Mālikī Dan Relevansinya Dengan Konteks Kekinian

Suheri, 140101052 (2020) Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir Perspektif Mazhab Mālikī Dan Relevansinya Dengan Konteks Kekinian. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir Perspektif Mazhab Mālikī Dan Relevansinya Dengan Konteks Kekinian]
Preview
Text (Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir Perspektif Mazhab Mālikī Dan Relevansinya Dengan Konteks Kekinian)
Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir Perspektif Mazhab Mālikī Dan Relevansinya Dengan Konteks Kekinian.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsep pemberian nafkah dalam hukum Islam disesuaikan dengan kemampuan. Tidak ditetapkan secara pasti berapa jumlah nafkah yang wajib diberikan. Hal ini merupakan kesepakatan para ulama mazhab. Namun demikian, dalam bagian-bagian tertentu, para ulama justru tidak sampai pada satu kesepakatan khususnya tentang nafkah suami dalam keadaan fakir atau tidak mampu. Ulama mazhab pada umumnya sepakat suami tidak dibebani kewajiban untuk memberi nafkah selama ia tidak mampu. Namun, berbeda apakah tanggung jawab nafkah tersebut tetap dibebankan kepada suami dalam bentuk utang ataupun tidak. Dalam masalah ini terdapat perselisihan di kalangan ulama. Penelitian ini secara khusus diarahkan pada pemikiran mazhab Mālikī tentang tanggung jawab nafkah suami fakir. Berdasarkan uraian masalah sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimanakah dalil dan metode istinbāṭ yang digunakan mazhab Mālikī dalam menetapkan Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir?, dan Apa saja konsekuensi hukum suami tidak mampu membiayai isteri (fakir) menurut mazhab Mālikī?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dalil dan metode istinbāṭ yang digunakan mazhab Mālikī dalam menetapkan Tanggung Jawab Nafkah Suami Fakir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Suheri Heri
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:50
Last Modified: 30 Sep 2020 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item
View Item