Implementasi Qanun Nomor 6 tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat dan Praktik Perjudian di Arena Pacuan Kuda (Studi Kasus Kabupaten Aceh Tengah)

Taufiq Anas, 150802085 (2020) Implementasi Qanun Nomor 6 tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat dan Praktik Perjudian di Arena Pacuan Kuda (Studi Kasus Kabupaten Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kebijakan Publik]
Preview
Text (Membahas Tentang Kebijakan Publik)
Taufiq Anas, 150802085, FISIP, IAN, 085358610345.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pacuan kuda merupakan acara yang dilakukan secara rutin oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam memperingati hari jadi Kota Takengon dan Hari Kemerdekaan Indonesia. Nilai yang terkandung di dalamnya adalah budaya, ekonomi dan sosial masyarakat. Namun di dalamnya terdapat penyimpangan yang dilakukan oleh masyarakat yaitu perjudian/maisir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Qanun Nomor 6 tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat untuk mengatasi perjudian di arena pacuan kuda di Kabupaten Aceh Tengah dan apa faktor yang menjadi kendala dalam implementasi Qanun Jinayat untuk mengatasi perjudian di arena pacuan kuda di Kabupaten Aceh Tengah. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui implementasi Qanun Jinayat untuk mengatasi perjudian di arena pacuan kuda di Kabupaten Aceh Tengah dan untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala dalam implementasi Qanun Jinayat mengatasi perjudian di arena pacuan kuda di Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang digunakan untuk penulisan ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perjudian masih ada dilakukan oleh beberapa masyarakat. Jenis kegiatan perjudian yang dilakukan masyarakat di arena pacuan kuda seperti bertaruh antar kuda yang dipacu, media permainan seperti catur, dadu, dan kartu remi. Implementasi Qanun Jinayat untuk mengatasi perjudian di arena pacuan kuda di Kabupaten Aceh Tengah masih belum efektif sehingga masih banyak masyarakat yang melakukan kegiatan perjudian di arena pacuan kuda dan masih ditemukan beberapa kendala dalam mengimplementasi Qanun Jinayat untuk mengatasi perjudian di arena pacuan kuda di Kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. S. Amirul Kamar, MM, M.Si, 2. Rizkika Lhena Darwin, MA
Uncontrolled Keywords: Pacuan Kuda Gayo, Perjudian, Qanun Jinayat, Kebijakan Publik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Taufiq Taufiq
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:50
Last Modified: 30 Sep 2020 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item
View Item