Keefektifan Multimedia Interaktif Pada Materi Minyak Bumi Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue

Baidul Rahman. KSA, 140208051 (2020) Keefektifan Multimedia Interaktif Pada Materi Minyak Bumi Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keefektifan Multimedia Interaktif Pada Materi Minyak Bumi Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue]
Preview
Text (Keefektifan Multimedia Interaktif Pada Materi Minyak Bumi Di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue)
Baidul Rahman, 140208051, FTK, PKM, 082361843826.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum seluruhnya mencapai KKM. Proses belajar mengajar minim memanfaatkan media yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif terhadap hasil belajar materi minyak bumi dan untuk mengetahui respon siswa dengan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi minyak bumi di SMA Negeri 3 Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre eksperiment. Sampel dalam penelitian ini 28 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data hasil belajar dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji korelasi, uji t dan respon siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan multimedia interaktif efektif terhadap pembelajaran materi minyak bumi. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata hasil pree-test 28,95 sedangkan nilai post-test 80,36. Hasil uji-t yaitu thitung = 0,27 sedangkan ttabel = 2,00, berarti ttabel > thitung atau 2,00 > 0,27. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka H0 diterima. Pembelajaran dengan memanfaatkan media ini mendapat respon yang baik dari siswa SMA Negeri 3 Teupah Selatan. Hal ini dibuktikan dari 10 item pernyataan respon terdapat 89,88% memberikan respon sangat baik terhadap pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sedangkan yang respon tidak baik hanya 10,12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Respon Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Baidul Rahman
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:58
Last Modified: 01 Oct 2020 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item
View Item