Pengembangan Modul Berbasis Isu-Isu Kontekstual Pada Konsep Fluida Statis

Rika Mandasari, 150204056 (2020) Pengembangan Modul Berbasis Isu-Isu Kontekstual Pada Konsep Fluida Statis. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berbasis Isu-Isu Kontekstual Pada Konsep Fluida Statis]
Preview
Text (Pengembangan Modul Berbasis Isu-Isu Kontekstual Pada Konsep Fluida Statis)
Rika Mandasari,150204056, FTK, PFS, 082364575582.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis isu-isu kontekstual yang dibuat untuk peserta didik kelas XI SMA agar peserta didik dapat lebih memahami perbedaan antara modul berbasis isu-isu konstektual dengan modul-modul lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Sugiono dan dibatasi tidak menggunakan produksi massal. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk tahap akhir. Instumen penelitian menggunakan lembar observasi angket data. Observasi di dapat dari ahli substansi materi dan ahli media yang masing-masing memiliki 5 kategori disusun dalam bentuk ceklist. Dan data angket didapat dari respon peserta didik menggunakan skala likert dengan 4 kategori disusun dalam bentuk ceklist. Data penelitian tersebut di analisis menggunakan persentase, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan modul yang digunakan berdasarkan ahli substansi materi berada pada kategori sangat layak (86,9%) dan penilaian desain media berada pada kategori sangat layak 81,36%). dan (2) Respon peserta didik sangat positif pada uji coba produk yang berada pada kategori sangat tertarik (92%) dan pada uji coba pemakaian berada pada kategori tertarik (68,1%-88,6%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri. M.Pd 2. Sri Nengsih., S.Si. M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan (R&D), Modul , Isu-Isu, Kontekstual, Fluida
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rika Mandasari
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:46
Last Modified: 30 Sep 2020 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item
View Item