Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh

Irsalina, 140201106 (2020) Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran)
Irsalina, 140201106, FTK, PAI, 082241612228.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh, merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan Al-Quran bagi siswanya. Selama ini dalam pembelajaran tidak menggunakan metode khusus hal ini cenderung membuat siswa kurang aktif sehingga membaca al-Quran belum efektif. Untuk mengatasi hal tersebut banyak metode-metode yang di kenalkan salah satunya metode Talaqqi. Pernyataan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan metode Talaqqi di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh; Bagaimana peningkatan penerapan metode Talaqqi di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan metode Talaqqi di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh (2) Peningkatan penerapan metode Talaqqi di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, dan menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan siswa (lisan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualifikasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik”, dengan nilai 79,16 dan pada siklus II meningkat menjadi ”baik sekali” dengan nilai rata-rata 89,58. Adapun kualifikasi aktivitas siswa pada siklus I ”baik”, dan mencapai nilai 71,15. Sedangkan pada siklus II, aktivitas siswa sudah ada peningkatan menjadi “baik” dengan nilai rata-rata 86,53. (2) Penerapan metode Talaqqi dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Quran. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 72,74 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,24.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Mashuri, S.Ag., MA 2. Syafruddin, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi, Baca al-Quran dan Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irsalina Irsalina
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:50
Last Modified: 01 Oct 2020 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item
View Item