Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Model Direct Instruction pada Program Boarding School di MAN I Aceh Barat

Lili Marlinda, 140201020 (2020) Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Model Direct Instruction pada Program Boarding School di MAN I Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN AR-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Model Direct Instruction]
Preview
Text (Membahas Tentang Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Model Direct Instruction)
Lili Marlinda, 140201020, FTK, PAI, 082294971249.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar secara keseluruhan belum memadai, dikarenakan masih ada sebagian siswa yang kurang menarik dalam belajar, sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pelajaran akidah akhlak melalui penerapan model direct instruction pada Program Bording School di MAN I Aceh Barat. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru melalui penerapan model direct instruction pada siklus I pertemuan I mencapai 58,3% dan pertemuan II mencapai 66,7%. Aktivitas guru pada siklus II pertemuan I mencapai 88,3% dan siklus II pertemuan II mencapai 90,8%. Persentase aktivitas guru pada siklus I termasuk dalam kriteria sangat kurang dan kurang, namun pada siklus II sudah mencapai kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I mencapa 59% dan aktivitas siswa pertemuan II mencapai 67%. Aktivitas siswa siklus II pertemuan I mencapai 85% dan pertemuan II mencapai 88%. Persentase aktivitas siswa siklus I termasuk dalam kriteria sangat kurang dan kurang dan siklus II termasuk dalam kriteria baik. Hasil belajar akidah akhlak siswa setelah menerapkan model direct instruction pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 81,1 dan siklus II mencapai 91,1. Hasil belajar siswa pada siklus II sudah mampu mencapai nilai KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui model direct instruction dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar akidah akhlak siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Jailani, S.Ag., M.Ag 2. Mashuri, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar dan Model Direct Instruction
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lili Marlinda LIli
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:13
Last Modified: 01 Oct 2020 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item
View Item