Keputusan Gubernur Aceh Nomor 01 Tahun 2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Wilāyah Al-ḥisbah (Studi Efektivitas Kinerja WH di Aceh Barat)

Sinta Nanaveria, 150105108 (2020) Keputusan Gubernur Aceh Nomor 01 Tahun 2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Wilāyah Al-ḥisbah (Studi Efektivitas Kinerja WH di Aceh Barat). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Keputusan Gubernur Aceh Nomor 01 Tahun 2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Wilāyah al-ḥisbah (Studi Efektivitas Kinerja WH di Aceh Barat))
Sinta Nanaveria, 150105108, FSH, HTN, 082368768687.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Wilāyah al-ḥisbah di Aceh memiliki peran strategis dalam penegakan syariat Islam. Kedudukan, tugas dan wewenangnya dalam penegakan syariat Islam diatur secara khusus dalam Keputusan Gubernur Nomor 01 tahun 2004 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Wilāyah al-ḥisbah. Masalah yang ingin di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tugas pokok dan fungsi Wilāyah al-ḥisbah di Aceh Barat menurut Keputusan Gubernur Nomor 01 Tahun 2004, dan apakah kinerja Wilāyah al-ḥisbah di Aceh Barat telah efektif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dalam Keputusan Gubernur Nomor 01 Tahun 2004?. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi lapangan. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan cara analisis-normatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas pokok dan fungsi Wilāyah al-ḥisbah di Aceh Barat menurut Keputusan Gubernur Nomor 01 Tahun 2004 yaitu melakukan pengawasan, pembinaan dan advokasi, serta melimpahkan perkara pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang Syariat Islam kepada penyidik. Kinerja Wilāyah al-ḥisbah di Aceh Barat belum berjalan dengan efektif. Indikasinya adalah minim dan terbatasnya petugas yang berafiliasi dengan WH di tingkat kecamatan dan gampong, sarana dan prasarana WH dalam menjalankan tugas juga masih kurang, serta masyarakat kurang berpartisiasi dalam memberikan informasi kepada WH untuk menangani lebih jauh tentang adanya dugaan pelanggaran syariat Islam. Terhadap masalah tersebut, hendaknya pihak pemerintah Aceh dan pihak terkait lainnya memenuhi dan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada khususnya fasilitas WH Aceh Barat untuk mendukung kinerja dalam penegakan syari’at Islam. Bagi masyarakat Kabupaten Aceh Barat hendaknya ikut berpartisipasi untuk bersama-sama dengan WH Aceh Barat dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan khususnya bidang penegakan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : H. Mutiara Fahmi, Lc., MA Pembimbing II : Yenny Sri Wahyuni, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Wilāyah al-ḥisbah, Efektivitas.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Sinta Nanaveria
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:49
Last Modified: 30 Sep 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14345

Actions (login required)

View Item View Item
TOP