Implementasi Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Dalam Upaya Mencegah Sengketa Pertanahan (Studi Kasus di Kecamatan Ingin Jaya).

Sarah Diana Aulia, 160106101 (2020) Implementasi Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Dalam Upaya Mencegah Sengketa Pertanahan (Studi Kasus di Kecamatan Ingin Jaya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Implementasi Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Dalam Upaya Mencegah Sengketa Pertanahan (Studi Kasus di Kecamatan Ingin Jaya).)
Sarah Diana Aulia, 160106101, FSH, IH, 085262013399.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guna menjamin kepastian hukum terhadap pemegang hak-hak atas tanah, pemerintah mengadakan pendaftaran tanah diseluruh wilayah Indonesia dan mengharuskan pemegangnya untuk mendaftarkan tanah yang dikuasai. Tujuan pendaftaran tanah dilakukan agar setiap pemegang hak milik tanah dapat membuktikannya dengan sertifikat tanah dan memperoleh keterangan yang dapat dipercayai mengenai tanah-tanah diwilayah pendaftaran bersangkutan. Pemerintah dalam upaya mencegah sengketa pertanahan dimasyarakat mengeluarkan program berupa percepatan pendaftaran tanah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Luasnya wilayah di Kabupaten Aceh Besar yang belum memiliki sertifikat tanah dapat mengakibatkan tidak terjaminnya kepastian hukum bagi pemegang hak milik tanah dan menimbulkan sengketa pertanahan. Hal ini dilihat dari jumlah sengketa tanah yang masuk di Pengadilan Negeri Jantho dari sebanyak 32 Perkara terhitung sejak Tahun 2014-2019. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan PTSL dan mengetahui faktor penghambat pelaksanaan PTSL di Kecamatan Ingin Jaya. Metode penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan PTSL di Kantor Pertanahan Aceh Besar sudah dilaksanakan sesuai dengan Permen ATR/BPN No.6 Tahun 2018. Namun dalam pelaksanaannya ada kendala-kendala yang mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan program PTSL baik secara internal maupun eksternal. Saran yang penulis berikan terkait penelitian ini kepada setiap unsur baik dari Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Besar dan Pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan koordinasinya dalam menyampaikan informasi terkait program PTSL. Kantor Pertanahan Aceh Besar disarankan untuk meningkatkan penyuluhan agar masyarakat lebih antusias dan memahami pentingnya program PTSL sehingga program PTSL kedepannya dapat berjalan dengan lancar dan mengurangi hambatan dalam pelaksanaan PTSL di Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ali, M. Ag Pembimbing II : Muhammad Syuib, S.Hi., M.H
Uncontrolled Keywords: Implementasi, PTSL, Sengketa Pertanahan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Sarah Diana Aulia Sarah
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 30 Sep 2020 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item View Item
TOP