Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin

Huriyatul Ulfah, 150901074 (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Zainoel Abidin)
Huriyatul Ulfah, 150901074, PSI, PSI, 081360530119.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hemodialisis merupakan istilah cuci darah dengan menggunakan mesin dialisis. Tindakan hemodialisis sangat erat hubungannya dengan kualitas hidup pasien. Pasien yang menjalani hemodialisis memiliki kualitas hidup yang rendah dikarenakan kurangnya aspek kesehatan fisik, kesehatan psikologis dan hubungan sosial dimana dukungan sosial berada didalamnya. Dukungan sosial adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas hidup, apabila dukungan sosial kurang maka kualitas hidup akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Dukungan Sosial dengan Kualitas Hidup pada pasien hemodialisis di RSUD dr.Zainoel Abidin. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sumpling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 pasien hemodialisis yang masih aktif. Pengumpulan data menggunakan skala Dukungan Sosial dan skala Kualitas Hidup dengan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan memperoleh koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,970 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 yaitu terdapat hubungan positif antara Dukungan Sosial dan Kualitas Hidup pada pasien hemodialisis di RSUD dr.Zainoel Abidin. Artinya, semakin tinggi Dukungan Sosial maka semakin tinggi Kulitas Hidup pada pasien hemodialisis di RSUD dr.Zainoel Abidin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Kualitas Hidup, Pasien Hemodialisis
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Huriyatul Ulfah
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:16
Last Modified: 30 Sep 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item
TOP