Penggunaan Badan Jalan Sebagai Terminal Oleh Pihak Pengusaha Bus Dalan Perpektif Haq Al_Murur Dan PM No. 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Dan Angkutan Jalan (Studi Kasus Terminal Bus Kota Sigli Dan Kabupaten Pidie)

Jannuar Mulya, 160102059 (2020) Penggunaan Badan Jalan Sebagai Terminal Oleh Pihak Pengusaha Bus Dalan Perpektif Haq Al_Murur Dan PM No. 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Dan Angkutan Jalan (Studi Kasus Terminal Bus Kota Sigli Dan Kabupaten Pidie). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Badan Jalan Sebagai Terminal Oleh Pihak Pengusaha Bus Dalan Perpektif Haq Al_Murur Dan PM No. 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Dan Angkutan Jalan (Studi Kasus Terminal Bus Kota Sigli Dan Kabupaten Pidie))
Jannuar Mulya, 160102059, FSH, HES, 082369375693.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengusaha bus yang menggunakan badan jalan sebagai terminal. Pihak pengusaha bus yang beroperasi antar kabupaten atau bahkan provinsi hanya boleh melakukan transit penumpang di dalam terminal sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun kegunaan jalan pada dasarnya hanya diperuntukkan untuk aktivitas lalu lalang dengan melihat hak-hak bagi pengguna jalan sebagaimana mestinya. Namun yang terjadi selama ini, banyaknya pengusaha bus yang melakukan transit penumpang di luar terminal. Fokus penulis dalam skripsi ini adalah bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh pihak pengusaha bus yang menggunakan badan jalan sebagai terminal, bagaimana tinjauan hukum positif terkait dengan pihak pengusaha bus yang menggunakan badan jalan sebagai terminal dan bagaimana tinjauan hukum islam terkait pihak pengusaha bus yang menggunakan badan jalan sebagai terminal yang dalam konsep haq al-murur. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, aktual, dan akurat menegenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara library reserch dan field reserch yaitu dengan cara melakukan penelitain pada Dinas Perhubung Aceh dan melakukan wanwancara secara langsung pada penumpang, bus dan juga pada pengguna jalan dan hasil temuan lapangan. Penggunaan badan jalan oleh pihak pengusaha bus sebagai terminal pada saat ini sangat sering terjadi hal ini diakibatkan oleh pihak pengusaha bus itu sendiri maupun pihak penumpang untuk naik bus di luar terminal hal ini sering terjadi di daerah padat penduduk yang bertepatan di Kabupaten Pidie. Penggunaan badan jalan sebagai terminal oleh pihak pengusaha bus akan berdampak buruk terhadap kelancaran lalu lintas dan juga terminal. Penggunaan badan jalan sebagai terminal juga bertentangan dengan hukum islam yang diimplemtasi dalam perspektif haq al-murur dan juga hukum positif yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husni Mubarak, Lc., MA Pembimbing II : Nahara Eriyanti, S.HI., MH
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Badan Jalan, Haq al-Murur, PM No.132 Tahun 2015
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Jannuar Mulya
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:26
Last Modified: 01 Oct 2020 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item View Item
TOP