Perjanjian Pemborongan Pada Pembangunan Perumahan Subsidi KPR BTN Syariah Menurut Akad Ijārah bi al- ‘Amal (Suatu Penelitian di PT. Mavaza Indofarma Aceh Besar)

Nasiha Al-Shakina, 160102186 (2020) Perjanjian Pemborongan Pada Pembangunan Perumahan Subsidi KPR BTN Syariah Menurut Akad Ijārah bi al- ‘Amal (Suatu Penelitian di PT. Mavaza Indofarma Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Perjanjian Pemborongan Pada Pembangunan Perumahan Subsidi KPR BTN Syariah Menurut Akad Ijārah bi al- ‘Amal (Suatu Penelitian di PT. Mavaza Indofarma Aceh Besar))
Nasiha Al-Shakina, 160102186, FSH, HES, 082370521484.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek perjanjian pemborongan pada pembangunan perumahan subsidi KPR BTN Syariah di PT. Mavaza Indofarma dilaksanakan dengan kesepakatan antara kepala tukang dengan pihak perusahaan. Kesalahan timbul saat pekerja melakukan pengerjaan rumah karena tidak sesuai dengan spesifikasi rumah subsidi yang diberikan oleh perusahaan hingga membuat waktu pembuatan rumah tidak sesuai target, pihak perusahaan juga tidak memberikan tenggang waktu pembuatan rumah, pemberian tempo dilakukan dalam bentuk lisan. Ketetapan dalam perjanjian menyebutkan bahwa kesalahan ditanggung oleh pihak kepala tukang dan pekerja, material oleh perusahaan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana ketentuan dan batasan yang diatur oleh konsep ijārah bi al-‘amāl tehadap perjanjian pemborongan. Bagaimana praktek perjanjian pemborongan pada pembuatan perumahan subsidi KPR BTN Syariah oleh PT Mavaza Indofarma Aceh Besar. Apakah perjanjian pemborongan pada pembangunan perumahan subsidi KPR BTN Syariah di PT. Mavaza Indofarma telah sesuai dengan akad ijārah bi al-‘amāl . Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dengan memakai metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perjanjian pemborongan sesuai dengan akad ijārah bi al-‘amāl . Kesepakatan yang dibentuk ini berdasarkan pada dalil al-Quran surah al-Maidah (5): 1 dan an-Nisa (4): 29 serta kaidah ”ridha merupakan dasar dan pondasi dari seluruh akad” dan berdasarkan kaidah al ashlu fil mu’amalah ibahah, unsur ridha pada perjanjian menjabarkan bahwa perjanjian dilakukan tanpa unsur yang melanggar syariat. Pelaksanaan tempo secara lisan juga berdasarkan kesepakatan pihak yang berakad berlandaskan kaidah “tulisan itu seperti ucapan” dan pertanggungan kerugian menjadi tanggung jawab pihak pekerja menurut Imam Maliki dan Hanafi, hal ini untuk kemaslahatan atau kebaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Bismi Khalidin, S.Ag. M.Si Pembimbing II : Nahara Eriyanti, S.HI.,MH
Uncontrolled Keywords: perjanjian pemborongan, akad ijārah bi al-‘amal, perumahan subsidi KPR
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nasiha Al-Shakina
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:24
Last Modified: 01 Oct 2020 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item
TOP