Garansi Pada Pembelian Rumah Subsidi Pada KPR BTN Syariah dalam Perspektif Khiyar Syarat (Suatu Penelitian Perumahan PT. Hadrah Aceh Pratama Kecamatan Baitussalam Aceh Besar)

Rika Mulia, 160102172 (2020) Garansi Pada Pembelian Rumah Subsidi Pada KPR BTN Syariah dalam Perspektif Khiyar Syarat (Suatu Penelitian Perumahan PT. Hadrah Aceh Pratama Kecamatan Baitussalam Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Garansi Pada Pembelian Rumah Subsidi Pada KPR BTN Syariah dalam Perspektif Khiyar Syarat (Suatu Penelitian Perumahan PT. Hadrah Aceh Pratama Kecamatan Baitussalam Aceh Besar))
Rika Mulia, 160102172, FSH, HES, 085269236956.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu program pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat ekonomi di bawah standar adalah membangun rumah subsidi yang merupakan produk dari KPR BTN. Sistem garansi dapat digunakan oleh customer untuk mengklaim garansi apabila rumah subsidi yang dibeli tidak memenuhi standar spesifikasi. Secara konseptual, garansi rumah subsidi dapat di analisis secara mendalam berdasarkan perspektif khiyar syarat. Namun, para fuqaha dalam mengkaji tentang tenggang waktu dalam khiyar syarat cenderung berbeda pendapat. Menurut ulama Malikiyah dan Hanabillah tenggang waktu dalam khiyar syarat dapat di sepakati oleh pihak penjual dan pembeli selama kedua belah pihak sepakat dengan tenggang waktu yang telah ditentukan, sedangkan menurut ulama Hanafiyah dan Syafi’iyah tenggang waktu dalam khiyar syarat paling lama 3 hari. Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan skripsi ini adalah; Untuk mengetahui dan menganalisis perjanjian garansi yang dilakukan oleh pihak developer dengan customer pada pembelian rumah subsidi pada KPR BTN Syariah, mengetahui realisasi perjanjian dan kepuasan konsumen, mengelaborasi bagaimana perspektif khiyar syarat terhadap sistem garansi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan metode pengumpulan data secara interview dan data dokumentasi. Hasil penelitian yang dicapai dalam penulisan ini adalah garansi sebagai khiyar syarat yang diimplementasikan dalam jual beli rumah subsidi produk dari KPR BTN Syariah urgen untuk memproteksi kualitas dari produk kepemilikan. Tenggang waktu yang diberikan oleh perusahaan hanyalah pada masa pembangunan serta jenis garansi yang ditanggung oleh perusahaan untuk merenovasi kondisi rumah yang rusak yaitu sebelum terjadinya akad. Dalam konsep fiqh muamalah sistem garansi tersebut merupakan bentuk khiyar syarat yang diistimbatkan oleh imam Malikiyah dan Hanabillah. Dalam kedua mazhab ini pembatasan waktu dalam khiyar syarat dibuat sesuai kesepakatan para pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembingbing I : Dr. Ridwan Nurdin, MCL Pembingbing II : Bustamam Usman, S.H.I, MA
Uncontrolled Keywords: Garansi, Jual beli Rumah subsidi, Khiyar syarat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rika Mulia
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:25
Last Modified: 01 Oct 2020 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

View Item View Item
TOP