Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembuktian Zina Melalui Lembaga Kenoe Boe Adat di Gampong Kampung Paya Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Septa Didi Haryadi, 150104061 (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembuktian Zina Melalui Lembaga Kenoe Boe Adat di Gampong Kampung Paya Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembuktian Zina Melalui Lembaga Kenoe Boe Adat di Gampong Kampung Paya Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
Septa Didi Haryadi, 150104061, FSH, HPI, 0823964206002.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Didalam Hukum Islam pidana bagi pelaku zina baru bisa dijatuhkan setelah dengan adanya proses pembuktian 4 orang saksi yang baligh, Islam, berakal, terpercaya dan laki-laki. Ke empat saksi tersebut harus melihat langsung dan harus memberikan penjelasan yang sama. Jika memang saksi tidak lengkap, saksinya, perempuan atau saksi tersebut saudara dari si pelaku maka kesaksian tersebut tidak diterima. Tapi berbeda halnya terjadi di Gampong Paya Kluet Utara. Gampong tersebut tidak membatasi persaksian seperti yang diterapkan oleh Hukum Islam. Di Gampong tersebut semua orang bisa menjadi saksi jika sudah baligh dan melihat laki laki masuk kerumah wanita atau sebaliknya. Jika Dalam pandangan masyarakat di sana laki laki dan perempuan berdua-duan ditempat yang sunyi dan melakukan sesuatu yang membangkitkan syahwat, walaupun belum terjadin hubungan kelamin, sudah dianggap zina. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif analitis, yaitu suatu penelitian yang memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Juga menggunakan penelitian komparatif yaitu membandingkan persamaan dan perbedaan atau lebih sifat-sifat dan fakta-fakta objek yang diteliti berdasarkan suatu kerangka pemikiran tertentu. Kemudian penelitian ini disebut dengan penelitian empiris yaitu suatu keadaan yang berdasarkan pada kejadian nyata yang pernah dialami. Kejadian tersebut bisa didapatkan melalui penelitian observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuktian zina yang dilakukan di Gampong Paya menurut dalil-dalil atau pendapat Ulama Islam belum sesuai. Karena pembuktian menurut Islam tentang Zina yaitu Pembuktiannya harus mencukupi 4 orang saksi serta pembuktiannya harus jelas tanpa ada syubhat sedikitpun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. H. Rusydi Ali Muhammad, SH Pembimbing II : Dr. Jamhir, S.Ag., M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.541 Perzinaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.58 Perbandingan Hukum Pidana Islam dengan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Septa Didi Haryadi
Date Deposited: 01 Oct 2020 01:47
Last Modified: 01 Oct 2020 01:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item
TOP