Eksistensi Sales Promotion Girls (SPG) pada Penjualan Rokok Out Door di Wilayah Kota Banda Aceh dalam Konsep Sadd Al-Dzari’ah

Adinda Rahma, 160102136 (2020) Eksistensi Sales Promotion Girls (SPG) pada Penjualan Rokok Out Door di Wilayah Kota Banda Aceh dalam Konsep Sadd Al-Dzari’ah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Eksistensi Sales Promotion Girls (SPG) pada Penjualan Rokok Out Door di Wilayah Kota Banda Aceh dalam Konsep Sadd Al-Dzari’ah)
Adinda Rahma, 160102136, FSH, HES, 081396409756.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang eksistensi Sales Promotion Girls (SPG) pada penjualan rokok out door di wilayah kota Banda Aceh dalam konsep Sadd Al-Dzari’ah, diketahui bahwa dengan adanya keberadaan SPG apabila dilihat dari sudut kemaslahatannya akan dapat menimbulkan dampak yang baik bagi perusahaan, karena dengan adanya SPG profit perusahaan akan meningkat. Namun dari sudut kemafsadatannya keberadaan SPG dapat menimbulkan peluang yang besar akan terjadinya maksiat. Maka dari itu adapun rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu: Bagaimana bentuk perjanjian penjualan rokok yang dilakukan oleh sales promotion girls dengan pihak distributor dan target penjualannya di kota Banda Aceh? Bagaimana sales promotion girls memproteksi diri dari tindakan yang tidak sesuai dengan perjanjian kerjanya? Bagaimana tinjauan konsep Sadd Al-Dzari’ah terhadap penjualan rokok yang dilakukan oleh sales promotion girls secara out door di Kota Banda Aceh? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Data penelitian diperoleh dengan cara interview secara langsung dengan subjek sales promotion girls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap perusahaan yang menggunakan jasa sales promotion girls untuk mempromosikan produk memiliki bentuk perjanjian kerja dan target penjualan yang beda-beda dari setiap perusahaan. Dalam hal memproteksi diri sales promotion girls akan complain kepada atasan apabila terjadi sesuatu atau hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian kerja sebelumnya. Tinjauan konsep Sadd Al-Dzari’ah terhadap eksistensi sales promotion girls pada penjualan rokok out door berdasarkan analisis peneliti terdapat ketidaksesuaian dengan syari’at Islam, karena keberadaan sales promotion girls dalam memasarkan produk dengan menggunakan penampilan yang kurang sopan dapat menuju kepada kemudharatan (kerusakan) daripada kemaslahatan (kebaikan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc. MA Pembimbing II : Azka Amalia Jihad, S.HI, M. E. I
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Adinda Rahma
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:03
Last Modified: 02 Oct 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14396

Actions (login required)

View Item View Item
TOP