Kehidupan Nelayan Perempuan Pencari Geli (Lokan) Di Desa Miteum Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue

Riana, 160404035 (2020) Kehidupan Nelayan Perempuan Pencari Geli (Lokan) Di Desa Miteum Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kehidupan Nelayan Perempuan Pencari Geli (Lokan) Di Desa Miteum Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue]
Preview
Text (Kehidupan Nelayan Perempuan Pencari Geli (Lokan) Di Desa Miteum Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue)
Riana, 160404035, FDK, PMI, 082279128035.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kehidupan Nelayan Perempuan Pencari geli (lokan) di Desa Miteum Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue yang mana memfokuskan pada dinamika pekerjaan dan kehidupan nelayan perempuan pencari geli (lokan) yang mencakup kehidupan keluarga dan interaksi sosialnya. Secara geografis bangsa Indonesia merupakan Negara kepulauan yang lautnya mencapai 70 persen total wilayah. Besarnya peluang ekonomi dari pemanfaatan sumber daya laut yang sedemikian besar ini sudah sepatutnya dapat memberikan konstribusi yang besar pula bagi meningkatkan perekonomian bangsa, bahkan sudah sepatutnya pula menjadi sektor penggerak ekonomi nasional yang dominan. Namun pada kenyataanya sektor perikanan dan kelautan nasioanal belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini diperlihatkan dari data secara kasat mata bahwa masyarakat pesisir yang merupakan masyarakat yang paling dekat dengan sumberdaya pesisir dan laut umumnya masih tergolong pada masyarakat miskin atau dikatagorikan sebagai masyarakat yang memiliki tingkat kesejahtraan rendah. Karena faktor ekonomi yang kurang inilah perempuan terpaksa harus berperan ganda anatar bekerja dan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinamika pekerjaan dan kehidupan nelayan perempuan yang mencakup kehidupan keluarga dan interaksi sosialnya. Penelitian ini menggunakan peneliti deskriptif kualitatif, informen yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 perempuan pencari geli (lokan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya nelayan perempuan pencari geli ini rata-rata hanya tamatan sekolah dasar saja (SD), berbeda halnya dengan anak perempuan pecari geli (lokan) yang memiliki beragam tingkatan pendidikan bahkan ada yang sudah sarjana. Tingkat penjualan terlihat kurang, disebabkan karena sistem pemasaran yang tidak efektif. Secara interaksi sosial para perempuan pencari geli (lokan) ini sangat baik karena meskipun sibuk bekerja tetapi mereka selalu menyempatkan waktu untuk ikus serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan di desa. Keadaan tempat tinggal bisa dikatakan layak huni dan nyaman untuk ditempat tinggali. Untuk pendapatan masih dibawah rata-rata dan gaya hidup dapat dikatan normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Riana Riana
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:11
Last Modified: 06 Oct 2020 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14402

Actions (login required)

View Item
View Item