Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Siswa Pada Materi Pemanasan Global Di SMAN 3 Kuala Nagan Raya

Ika Yuliansyah, 251324508 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Siswa Pada Materi Pemanasan Global Di SMAN 3 Kuala Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Siswa Pada Materi Pemanasan Global Di SMAN 3 Kuala Nagan Raya)
Ika Yuliansyah, 251324508, FTK, PFS, 085261454725.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan kelas XI MIA1 di sekolah SMAN 3 Kuala Nagan Raya penyebab siswa tidak menyukai mata pelajaran fisika karena model pembelajaran yang kurang menarik, oleh karena itu guru dituntut untuk mengajar menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran Role Playing. Model pembelajaran Role Playing adalah suatu model pembelajaran bermain peran yang melibatkan interaksi antar dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar kognitif dan minat siswa pada materi pemanasan global. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA1 yang berjumlah 24 siswa SMAN 3 Kuala Nagan Raya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pre-eksperimen. Data dikumpulkan dalam bentuk soal pre-test dan post-test. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 19,90 > 1,71 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat siswa pada materi pemanasan global di SMAN 3 Kuala Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Eng. Nasrullah Idris, S.Si., MT Pembimbing II : Yeggi Darnas, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Kognitif dan Minat Siswa, Pemanasan Global
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ika Yuliansyah
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:38
Last Modified: 02 Oct 2020 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14403

Actions (login required)

View Item View Item
TOP