Sistem Defensif Terhadap Keberadaan Penumpang Ilegal untuk Keselamatan Pelayaran dalam Perspektif UU No. 17 Tahun 2008 dan Sadd Al-dzari’ah

Zaizil Ihza Mahendra, 160102041 (2020) Sistem Defensif Terhadap Keberadaan Penumpang Ilegal untuk Keselamatan Pelayaran dalam Perspektif UU No. 17 Tahun 2008 dan Sadd Al-dzari’ah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Sistem Defensif Terhadap Keberadaan Penumpang Ilegal untuk Keselamatan Pelayaran dalam Perspektif UU No. 17 Tahun 2008 dan Sadd Al-dzari’ah)
Zaizil Ihza Mahendra, 160102041, FSH, HES, 082289403322.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberadaan penumpang ilegal dalam pelayaran dapat mengancam keselamatan pelayaran, pihak manajemen Pelabuhan Ulee Lheue hanya menginput pada daftar manifest penumpang yang legal. Pertanyaan penelitian yaitu Bagaimana pengawasan penumpang dan daftar manifest yang dilakukan oleh manajemen Pelabuhan Ulee Lheue pada pelayaran jalur Ulee Lheue – Balohan untuk memproteksi penumpang ilegal, Bagaimana risiko yang terjadi disebabkan keberadaan penumpang ilegal dalam pelayaran suatu kapal dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh pihak stakeholder pelabuhan Ulee Lheue untuk mencegah keberadaan penumpang ilegal dalam setiap pelayaran menurut UU No.17 Tahun 2008 dan sadd al-dzarȋ’ah. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan observasi. Pengawasan yang dilakukan oleh manajemen pelabuhan yaitu mewajibkan setiap penumpang membeli tiket pelayaran dengan menunjukkan KTP sebagai identitas untuk selanjutnya dijadikan data manifest dan diserahkan pada saat hendak memasuki kapal, namun masih terjadi pengabaian terhadap regulasi pelayaran dengan minimnya pengawasan dan pengecekan pihak petugas. Risiko yang terjadi terhadap pelayaran akan dapat menyebabkan overload, secara langsung telah mengancam keselamatan pelayaran dan juga penumpang lain. Pihak manajemen pelabuhan Ulee Lheue telah membuat beberapa upaya strategis bersifat praktis yang dilakukan untuk mencegah penumpang ilegal, sesuai Pasal 144 UU No. 17 Tahun 2008 dengan hukuman membayar biaya tiket dan bila tidak mengikuti ketentuan tersebut akan dimasukkan dalam sel kapal. Tetapi langkah pencegahan ini kurang maksimal, karena penumpang ilegal sulit untuk diketahui. Menurut sadd al-dzari’ah keberadaan penumpang ilegal dalam pelayaran merupakan jalan yang membawa kepada sesuatu yang mengandung kemudharatan, dan harus di cegah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Maulana, M.Ag Pembimbing II : Badri, S.HI., MH
Uncontrolled Keywords: Sistem Defensif, Keselamatan Pelayaran, Sadd Al-dzari’ah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zaizil Ihza Mahendra
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:45
Last Modified: 02 Oct 2020 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14404

Actions (login required)

View Item View Item
TOP