Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar

Asmaul Husna, 150201032 (2020) Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar)
Asmaul Husna, 150201032, FTK, PAI, 082299073095.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh besar selama ini masih berorientasi pada teacher center sehingga diperlukan penerapan model CTL dalam pembelajaran Fikih. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat hasil belajar siswa terhadap penerapan model CTL pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar kelas VII, (2) pengaruh penerapan CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar kelas VII, (3) respon siswa terhadap penerapan model CTL dalam pembelajaran Fikih di MTsN 2 Aceh Besar kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest (desain kelompok tunggal dengan pretest dan posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Aceh Besar berjumlah 224 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini diambil kelas VII-1 berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data melalui (1) metode tes dan (2) angket. Metode tes menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal, sedangkan angket berisi 13 pernyataan dengan menggunakan skala likert dengan 5 alternatif jawaban untuk menghitung skor pada masing-masing jawaban. Analisis data penelitian ini uji t Paired sample test dibantu dengan software SPSS 20 for windows selanjutnya data diolah dengan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa terhadap penerapan model CTL melalui pretest nilai terendah 40 dan tertinggi 100 dengan nilai rata-rata 71.29. sedangkan setelah menggunakan CTL (posttest) nilai terendah 50 dan tertinggi 100. Dan nilai rata-rata yaitu 83.23. (2) terdapat pengaruh penerapan CTL terhadap hasil belajar yang menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah sebesar -9,449 dengan sig 0,002 Karena sig < 0,05 maka nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya rata-rata nilai Fiqih sebelum dan sesudah menggunakan model CTL adalah berbeda. Adapun selisih peningkatan skor pretest dan posttest siswa ialah 11,61 dan peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,42 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model CTL mempengaruhi nilai siswa/i pada materi Fikih. (3) dan hasil analisis respon siswa cenderung pada level sangat baik, hal ini berdasarkan nilai skor pencapaian 61,54%, dan 38,46% menyatakan respon baik sedangkan respon pada level tidak baik 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II : Realita, S.Ag, M.Ag
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asmaul Husna
Date Deposited: 02 Oct 2020 04:02
Last Modified: 02 Oct 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

View Item View Item
TOP