Pola Interaksi Edukasi Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa MIN 5 Banda Aceh

Salimah, 160209001 (2020) Pola Interaksi Edukasi Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa MIN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pola Interaksi Edukasi Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa MIN 5 Banda Aceh]
Preview
Text (Pola Interaksi Edukasi Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa MIN 5 Banda Aceh)
Salimah, 160209001, FTK, PGMI, 081360338910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB) | Preview

Abstract

Interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran merupakan hubungan aktif dua arah atau lebih dengan sejumlah pengetahuan sebagai mediumnya, sehingga interaksi itu merupakan hubungan bermakna, kreatif dan dapat memotivasi siswa meraih tujuan. Realitasnya sebagian siswa tidak mampu melakukan interaksi edukasi dengan efektif, sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. Dari uraian diatas yang menjadi rumusan masalah: 1) bagaimana mendesain pola interaksi edukasi guru dan siswa dalam upaya peningkatan motivasi belajar siswa? 2) apa saja kendala yg dihadapi dalam pola interaksinya? 3) bagaimana solusi untuk mengatasi kendala yg dihadapi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan edukatif dengan analisis data deskriptif analisis kualitatif yaitu pemecahan masalah yg terjadi secara alami dengan cara observasi, menganalisis, dan mendekripsikan dalam mengambil kesimpulan. Datanya diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan kepada beberapa guru. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa 1) interaksi edukasi antara guru dan siswa dilakukan dengan tatap muka dan dalam jaringan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, di samping itu guru menggunakan bahan ajar yang menarik berupa media dan vidio animasi, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. 2) kendala yang dihadapi dalam peningkatan motivasi belajar adalah kurangnya minat belajar siswa, malas mengerjakan tugas, tidak percaya diri, dan susah menyerap pembelajaran. 3) solusi yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah memberikan hukuman yang ringan bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas, memberikan motivasi, membuat pembelajaran yang menarik, dan sering komunikasi dengan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukasi, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salimah Salimah
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:52
Last Modified: 05 Oct 2020 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item
View Item