Interaksi Madrasah dan Komite dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Banda Aceh

Alfian Hidayatullah, 150206043 (2020) Interaksi Madrasah dan Komite dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Interaksi Madrasah dan Komite dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Interaksi Madrasah dan Komite dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Banda Aceh)
Alfian Hidayatullah, 150206043, FTK, MPI, 085275784522.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif dari arus globalisasi yang membuat manusia tuna karakter (berkarakter baik – lemah, jelek
– kuat). Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku – perilaku negatif yang dilakukan oleh pelajar. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya interaksi madrasah dan komite dalam penguatan karakter. Dalam hal ini, interaksi madrasah dan komite dalam penguatan karakter berperan besar dalam mewujudkan sebuah revolusi moral dan karakter spiritual dalam dunia pendidikan dan menyodorkan kepada semua umat muslim yang beriman bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus kepada perbuatan – perbuatan negatif yang sangat memprihatinkan. Dari alasan diatas, peneliti tertarik meneliti interaksi madrasah dan komite dalam penguatan karakter peserta didik di MAN 2 Banda Aceh telah terlihat keberhasilannya dalam membentuk karakter peserta didiknya. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk interaksi madrasah dan komite dalam penguatan karakter di MAN 2 Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan strategi madrasah dan komite dalam penguatan karakter peserta didik pada MAN 2 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui bentuk karakter yang di implementasikan pada MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan menggunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi madrasah dan komite dalam penguatan karakter sudah sejak lama terjaga dengan baik, interaksi madrasah dan komite sangat mempengaruhi dalam penguatan karakter peserta didik, bentuk interaksi tersebut melalui komunikasi, kerjasama, dan akomodasi. Strategi madrasah dan komite dalam penguatan karakter peserta didik adalah dengan membuat program – program di madrasah seperti membuat bimbingan dari guru, estrakulikuler, les, shalat berjamaah, dan bimbingan dari tokoh agama. Bentuk karakter yang di implementasikan di madrasah sesuai dengan UUD No. 20 Tahun 2003, terdapat lima nilai karakter utama yang bersumber dari pancasila, yang menjadi proritas pengembangan gerakan pendidikan penguatan karakter, yaitu : religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan gotong royong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Faisal Pembimbing II : Lailatussaadah
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Madrasah, Komite dan Karakter
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alfian Hidayatullah Alfian
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:05
Last Modified: 07 Oct 2020 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item
View Item