Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Budaya Bersih di MAN 2 Banda Aceh

Amri Chaniago, 150206044 (2020) Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Budaya Bersih di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Budaya Bersih di MAN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Manajemen Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Budaya Bersih di MAN 2 Banda Aceh)
Amri Chaniago, 150206044, FTK, MPI, 081370262610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bersih secara bahasa berarti bebas dari kotoran, tidak tercemar dari zat lain. Kebersihan itu bersumber dari iman dan merupakan bahagian dari iman. Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor utama dan hal yang sangat penting demi keberlangsungan hidup yang bersih, sehat, dan nyaman yang nantinya juga akan memberikan pengaruh positif bagi kesehatan seseorang. Kebersihan di MAN 2 sudah terjaga cukup baik. Namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan budaya bersih sehingga proses belajar mengajar di madrasah berjalan dengan lancar dan nyaman. Karena ketika lingkungan bersih akan meminimalisirkan timbulnya suatu penyakit dan hal itu menjadikan para peserta didik hidup sehat. Dari alasan diatas, peneliti tertarik meneliti manajemen kepala madrasah dalam peningkatan budaya bersih di MAN 2 Banda Aceh. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui konsep kepala madrasah dalam peningkatan budaya bersih di MAN 2 Banda Aceh. 2) untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam membangun kesadaran peserta didik untuk menjaga kebersihan di MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan menggunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep kepala madrasah melalui Program kebersihan, diantaranya program kebersihan lahir dan batin. Program lahir adalah program yang tampak oleh kasat mata. Kemudian program kebersihan batin merupakan program kebersihan yang dirasakan oleh siswa misalnya tercermin pada cara berpakaian serta ibadahnya. Selanjutnya upaya kepala madrasah dalam membangun kesadaran peserta didik untuk menjaga kebersihan salah satunya membuat peraturan sekolah dan siswa harus mentaati peraturan tersebut, kemudian memberikan sosialisasi tentang kebersihan dan manfaat tentang kebersihan madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Jamaliah Hasballah, M.A 2. Ainul mardhiah, MA.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen dan kebersihan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amri Chaniago Amri
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:57
Last Modified: 08 Oct 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item
View Item