Revitalisasi Tradisi Zikir Dalam Meningkatkan Spiritual (Studi Kasus di Desa Serbaguna, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya)

Gustin Supriyanti, 150301092 (2020) Revitalisasi Tradisi Zikir Dalam Meningkatkan Spiritual (Studi Kasus di Desa Serbaguna, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Revitalisasi Tradisi Zikir Dalam   Meningkatkan Spiritual (Studi Kasus di Desa Serbaguna, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya)]
Preview
Text (Revitalisasi Tradisi Zikir Dalam Meningkatkan Spiritual (Studi Kasus di Desa Serbaguna, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya))
Gustin Supriyanti, 150301092, FUF, AFI, 0822-7702-5308.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Zikir adalah usaha manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mengingat keagungannya. Dari pengertian zikir tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian sesuai dengan zikir. Masalah yang peneliti dapatkan ketika melakukan penelitian adalah awalnya zikir ini pernah meningkat, lalu ada kemunduran dan ditingkatkan kembali oleh masyarakat Desa Serbaguna. Sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahan masyarakat dan pengaruh revitalisasi tradisi zikir dalam meningkatkan spiritual.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik obsevasi, teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian Aparatur Desa, Teungku, Ketua Zikir, dan Anggota zikir.
Dari hasil penelitian bahwa zikir adalah tempat meningkatkan spiritual dan keimanan seseorang khususnya dalam hal ketaqwaan, mendekatkan diri kepada Allah dan akan selalu mengingat Allah Swt. Pelaksanaan tradisi zikir pernah hilang dan tidak berjalan lagi atau fakum, dikarenakan banyak faktor yang tidak mendukung. Dalam pandangan masyarakat Desa Serbaguna pelaksanaan zikir tersebut telah dihidupkan kembali sejak tahun 2018 dan mulai ditingkatkan kembali oleh masyarakat Desa Serbaguna. Semenjak zikir berkembang masyarakat Desa Serbaguna memandang zikir sebagai tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Setelah banyak masyarakat yang mengikuti zikir banyaknya perubahan masyarakat di Desa Serbaguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Damanhuri, M.Ag Pembimbing II : Zuherni AB, M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.4 Do'a dan Zikir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Gustin Supriyanti
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:42
Last Modified: 08 Oct 2020 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item
View Item