Filosofis Larangan Pernikahan antar Gampong Blang Kuala dengan Gampong Blang Bladeh (Studi Kasus di Gampong Blang Kuala, Kecamatan. Meukek, Kabupaten Aceh Selatan)

Afria Masda, 150301080 (2020) Filosofis Larangan Pernikahan antar Gampong Blang Kuala dengan Gampong Blang Bladeh (Studi Kasus di Gampong Blang Kuala, Kecamatan. Meukek, Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Filosofis Larangan Pernikahan antar Gampong Blang Kuala dengan Gampong Blang Bladeh (Studi Kasus di Gampong Blang Kuala, Kecamatan. Meukek, Kabupaten Aceh Selatan))
Afria Masda, 150301080, FUF, AFI, 0853-6156-8185.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara pria dan dan wanita sebagai suami istri dengan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai Filosofis Larangan Pernikahan antar Gampong Blang Kuala dengan Gampong Blang Bladeh, yang merupakan suatu kepercayaan yang sudah dipercayai dikalangan masyarakat Gampong Blang Kuala dengan Gampong Blang Bladeh, mereka menyakini bahwa meninggal disebabkan oleh sumpah nenek moyang dahulu.

Metode yang dilakukan dalam Penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian sehingga akan menghasilkan penelitian lebih berkualitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Gampong Blang Kuala dan masyarakat Gampong Blang Bladeh Kecamatan. Meukek masih mempercayai larangan pernikahan antar gampong. Masyarakat memiliki kepercayaan apabila melanggar akan mendapat bencana kematian bagi yang melakukan pernikahan kedua Gampong tersebut. Larangan ini juga dikarenakan oleh faktor agama, faktor keyakinan dan faktor sosial masyarakat. Dalam agama Islam tidak ada larangan menikah antar kedua Gampong, jika percaya musibah itu datang dari Allah dan melanggar mitos hanyalah sebuah takdir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Fuadi, M. Hum Pembimbing 2 : Mawardi, S. Th.I.,M.A
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.6 Konflik dan pemecahan konflik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Afria Masda
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:40
Last Modified: 08 Oct 2020 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item
TOP