Penggunaan Media Salt Painting untuk Mengembangkan Motori Halus Anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh

Sarah Yulisa, 150210016 (2020) Penggunaan Media Salt Painting untuk Mengembangkan Motori Halus Anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Media Salt Painting untuk Mengembangkan Motori Halus Anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh]
Preview
Text (Penggunaan Media Salt Painting untuk Mengembangkan Motori Halus Anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh)
Sarah Yulisa, 150210016, FTK, PIAUD, 082273308959.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Media salt painting merupakan salah satu media yang dapat mengembangkan motorik halus anak. Namun motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh belum sepenuhnya berkembang. Sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam menggunakan alat tulis, meniru bentuk, membentuk pola, menggunting pola bahkan masih kesulitan dalam bereksplorasi dengan berbagai alat/media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengunaan media salt painting dapat mengembangkan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang melibatkan anak kelompok A2 sebagai kelas kontrol dan A3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan analisis quasi eksperiment. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-test-post-test control group design. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan stastistik Uji-t, maka penggunaan media salt painting dapat mengembangkan motorik halus anak sebagaimana yang diperoleh yaitu 3,89 > 1,70 sehingga hipotesis alternatif Ha diterima dan hipotesis H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media salt painting dapat mengembangkan motorik halus anak di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Media Salt Painting, Motorik Halus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sarah Yulisa
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:22
Last Modified: 09 Oct 2020 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item
View Item