Analisis Deforestasi pada Kawasan Lereng Barat Seulawah Dara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi dan Problematika Lingkungan

Desy Hadina Putri, 140207175 (2020) Analisis Deforestasi pada Kawasan Lereng Barat Seulawah Dara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi dan Problematika Lingkungan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Deforestasi pada Kawasan Lereng Barat Seulawah Dara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi dan Problematika Lingkungan]
Preview
Text (Analisis Deforestasi pada Kawasan Lereng Barat Seulawah Dara Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi dan Problematika Lingkungan)
Desy Hadina Putri, 140207175, FTK, PBL, 0823-6436-4374.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal terlihat bahwa terdapat aktivitas yang dilakukan masyarakat di kawasan hutan Seulawah Dara bagian lereng barat diantaranya yaitu aktivitas pembukaan lahan, perluasan lahan dan kebakaran hutan. Kondisi tersebut apabila dilakukan secara terus menerus akan berdampak terhadap keanekaragaman flora dan fauna di Seulawah Dara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan hutan, luas deforestasi yang terjadi dan pemanfaatan hasil penelitian dalam pembelajaran ekologi dan problematika lingkungan pada kawasan Lereng Barat Seulawah Dara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa pada kawasan lereng barat Seulawah Dara mengalami deforestasi, yang dikarenakan alihfungsi kebun seperti : kebun Kakao, Pisang, Jagung, kelapa Sawit, Pinang, pembakaran hutan, illegal loging dan pemukiman warga. Luas deforestasi yang terjadi pada kawasan Lereng Barat Seulawah Dara 218.30 ha yang terbagi menjadi kebun kakao 1,158 ha, kebun campuran 194,753 ha, kebun pinang 1,486 ha, kebun kelapa sawit 10,111 ha, pemukiman 2,304 ha, kebakaran hutan 2,012 ha, ilegal loging 6,481 ha. Pemanfaatan hasil dari penelitian pada kawasan Lereng Barat Seulawah Dara dalam pembelajaran matakuliah Ekologi dan Problematika Lingkungan dibuat dalam bentuk buku saku sebagai penunjang matakuliah Ekologi dan Problematika Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal S.Pd.,M.Pd 2. Nurdin Amin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Deforestasi, Seulawah Dara, Deskriptif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Desy Hadina Putri
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:45
Last Modified: 08 Oct 2020 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item
View Item