Sistem Budgeting dan Pengimplementasian Dana Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Perspektif Akad Hibah (Suatu Penelitian di Kecamatan Montasik)

Raisa Ullya Nisva, 160102040 (2020) Sistem Budgeting dan Pengimplementasian Dana Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Perspektif Akad Hibah (Suatu Penelitian di Kecamatan Montasik). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Sistem Budgeting dan Pengimplementasian Dana Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Perspektif Akad Hibah (Suatu Penelitian di Kecamatan Montasik))
Raisa Ullya Nisfa, 160102040, FSH, HES, 082248010740.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Keluarga Harapan merupakan sebuah program yang didesain oleh Pemerintah yang pelaksanaanya dilakukan oleh Dinas Sosial sebagai salah satu upaya untuk mereduksi dan meminimalisir tingkat kemiskinan dalam masyarakat. Dalam penggunaan akad hibah tingkat keberhasilan dari program ini diharapkan mampu terlaksana secara maksimal karena instrument dari akad hibah dapat secara efektif di implementasikan dalam program PKH ini. Berdasarkan uraian diatas terdapat beberapa permasalahan yang peneliti hendak kaji, yaitu bagaimana sistem budgeting dan pengimplementasian dana Program Keluarga Harapan di Kecamatan Montasik dan Bagaimana tinjauan akad hibah terhadap sistem budgeting dan pengimplementasian dana PKH di Kecamatan Montasik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, dan juga merupakan kombinasi dari penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, data primer diperoleh dari penelitian lapangan dan data sekunder bersumber dari penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sistem budgeting yang dan pengimplementasian dana Program Keluarga Harapan di Kecamatan Montasik sudah sesuai dengan SOP (Standar Oprasional Prosedur) yang ditetapkan oleh Kementrian Sosial. Anggaran yang disalurkan diberikan langsung dari pihak Kementrian Sosial ke rekening masing-masing Keluarga Penerima Manfaat dan pengimplementasian kepada masyarakat juga diperuntukkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penerima. Adapun tinjauan dari akad hibah terhadap sistem budgeting dan pengimplementasian dana Program Keluarga Harapan berdasarkan analisis penulis adalah tidak sesuai karena salah satu syarat akad hibah tidak terpenuhi, pihak penerima mewakilkan penerimaan bantuan tersebut kepada oranglain. Dari paparan diatas disimpulan bahwa penerapan dari program ini dinilai batal karena tidak sesuai dengan akad hibah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Arifin Abdullah, S.H.I., MH Pembimbing II : Muhammad Iqbal, MM
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.254 Hibah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Raisa Ullya Nisva
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:23
Last Modified: 09 Oct 2020 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14482

Actions (login required)

View Item View Item
TOP