Prosedur Pengajuan Polis Asuransi Syariah pada AJB Bumiputera Syariah 1912 Cabang Banda Aceh

Andriani, 041300782 (2016) Prosedur Pengajuan Polis Asuransi Syariah pada AJB Bumiputera Syariah 1912 Cabang Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Mengkaji tentang prosedur dalam pengajuan polis asuransi syariah)
Full LKP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB) | Preview

Abstract

AJB Bumiputera Syariah Cabang Banda Aceh yang beralamat di Jln.T. Daud Beureueh Banda Aceh. Perusahaan Bumiputera ini berbentuk usaha bersama (mutual) yang didirikan oleh tiga orang guru di Magelang Jawa Tengah pada 12 februari 1912 yang berfungsi sebagai lembaga Bumiputera Syariah yang kegiatan usahanya menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Adapun tujuan dari penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui prosedur pengajuan polis asuransi syariah pada AJB Bumiputera Syariah Cabang Banda Aceh. Hasil kerja praktik yang penulis dapatkan tentang prosedur pengajuan polis asuransi pada AJB Bumiputera Syariah Cabang Banda Aceh sudah sesuai dengan teori yang dipelajari di bangku kuliah salah satu contoh kesesuaian yaitu dalam pengajuan polis telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan berkaitan dengan SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa). Pengajuan polis asuransi di AJB Bumiputera Syariah Cabang Banda Aceh melalui agen. Nasabah mengisi SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) lalu agen/nasabah membawa SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) ke bagian kasir untuk diteliti kelengkapan berkasnya sesuai dengan bukti diri (KTP, SIM, PASPOR, Kartu Keluarga) pemegang polis. Kemudian bagian Administrasi mengirim berkas tersebut ke kantor wilayah untuk pencetakan polis setelah selesai dicetak, dikirim kembali ke kantor cabang untuk diserahkan kepada pihak yang bersangkutan (nasabah). Polis sebagai bukti tertulis atas jaminan penanggung untuk mengganti kerugian yang mungkin dideritanya yang di tanggung oleh polis. Perusahaan hanya pemegang amanah sehingga jika sewaktu-waktu nasabah mengundurkan diri, dana nasabah masih tetap bisa di ambil. Dalam prosedur pengajuan polis asuransi di harapkan AJB Bumiputera Syariah selalu mengawasi agen dalam kegiatan harian serta memberikan bimbingan agar agen tidak melakukan pelanggaran etika dalam bekerja.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azharsyah, SE.Ak, M.S.O.M; NIP. 197811122005011003 2. Muhammad Arifin, SHI.M.Ag; NIP. 197410152006041002
Uncontrolled Keywords: Pengajuan, Polis, Asuransi, AJB Bumiputera
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 08:55
Last Modified: 26 Jul 2017 08:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item
TOP