Pengembangan Pop-up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di SMA Inshafuddin Banda Aceh

Desi Rahayu, 160208012 (2020) Pengembangan Pop-up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Pop-up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di SMA Inshafuddin Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan Pop-up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di SMA Inshafuddin Banda Aceh)
Desi Rahayu, 160208012, FTK, PKM, 082376735883.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pop-up Book adalah sebuah buku yang menampilkan potensi untuk bergerak dan interaksinya melalui penggunaan kertas sebagai bahan lipatan, gulungan, bentuk, roda, atau putarannya, dan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran. Hasil wawancara dengan siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh menunjukkan bahwa penggunaan media Pop-up Book belum pernah digunakan di dalam proses pembelajaran, siswa hanya menggunakan buku paket dan LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media Pop-up Book pada materi struktur atom dan respon siswa terhadap media pada pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 SMA Inshafuddin Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam adalah lembar validasi dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi dan penyebaran angket. Data validasi dan respon siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Persentase hasil validasi yang diperoleh dari validator I yaitu 86,76% dan dari validator II yaitu 85,29% serta rata-rata skor yang diperoleh dari kedua validator media Pop-up Book yaitu 86,02% dengan kriteria baik sekali, maka media Pop-up Book dikategorikan layak digunakan pada materi struktur atom. Hasil respon siswa terhadap penggunaan media Pop-up Book adalah 0% siswa merespon tidak tertarik, 0,02% siswa memberi tanggapan kurang tertarik, 32% siswa memberi tanggapan tertarik, dan 66% siswa memberi tanggapan sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nubayani, M.A Pembimbing II : Haris Munandar, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media Pop-up Book, struktur atom
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Desi Rahayu Desi
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:09
Last Modified: 15 Oct 2020 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item
View Item