Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash untuk Siswa SMA/MA Kelas XI pada Materi Sistem Sirkulasi

Raudhatul Jannah, 140207111 (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash untuk Siswa SMA/MA Kelas XI pada Materi Sistem Sirkulasi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Raudhatul Jannah, 140207111, FTK, PBL,   0853-7197-5808 - Copy.pdf]
Preview
Text
Raudhatul Jannah, 140207111, FTK, PBL, 0853-7197-5808 - Copy.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran penting untuk dilakukan di era teknologi yang semakin berkembang saat ini. Pengembangan media pembelajaran dapat membantu memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar salah satunya pada materi sistem sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash yang telah dikembangkan, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi. Penelitian ini menggunakan rancangan research and development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi. Hasil uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis adobe flash oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase 88,81 dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi dinyatakan sangat baik dengan nilai persentase 90,5. Maka dapat di simpulkan bahwa, 1) pengembangan media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, desain dan pengembangan, 2) media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Babul Maghfirah, 3) respon siswa kelas XI SMA Babul Maghfirah terhadap media pembelajaran biologi berbasis adobe flash pada materi sistem sirkulasi dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Zuraidah, S.Si., M.Si 2. Nafisah Hanim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Adobe Flash, Sistem Sirkulasi, SMA Babul Maghfirah
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 571 Fisiologi dan Subjek berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Raudhatul Jannah Oja
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:32
Last Modified: 12 Oct 2020 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14514

Actions (login required)

View Item
View Item