Kepemimpinan Dinas Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus di Kabupaten Aceh Selatan)

Noveri Daliansi, 150206077 (2020) Kepemimpinan Dinas Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus di Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kepemimpinan Dinas Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus di Kabupaten Aceh Selatan))
Noveri Daliansi, 150206077, FTK, MPI, 085260571080.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai mutlak sangat diperlukan, sukses tidaknya suatu lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan pemimpin untuk meningkatkan kinerja pegawai. Masalah yang sering muncul adalah manajemen kinerja pegawai belum maksimal, sehingga perlu adanya peningkatan dan tanggung jawab agar tercapainya keefektifan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kepemimpinan dinas pendidikan dalam meningkatkan kinerja pegawai, (2) strategi yang digunakan oleh kepala dinas pendidikan dalam meningkatkan kinerja pegawai dan (3) kendala yang dihadapi kepala dinas pendidikan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Subbag Umum dan Kepegawaian serta Staff Subbag Umum dan Kepegawaian. Berdasarkan analisis daa yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kinerja pegawai di kantor dinas pendidikan, pemimpin kantor ini melakukan pembinaan dan bimbingan terhadap pegawai yang masih belum maksimal dalam bekerja, baik dalam pembinaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap melalui pelatihan dan strategi kerjasama instansi terkait. Kendala dalam meningkatkan kinerja pegawai adalah mind set dan culture set individual tidak mendukung, rendahnya kompetensi pegawai sedangkan beban kerja tinggi serta kurangnya sarana dan prasarana sehingga tugas yang diberikan tidak berjalan secara efektif dan efesien. Selain itu budaya kerja juga masih rendah seperti masih ada sebagian pegawai yang kurang disiplin, bisa dilihat dari keterlambatan hadir ke kantor serta kurangnya semangat dan motivasi dalam melaksanakan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Basidin Mizal, M.Pd Pembimbing II : Ainul Mardhiah,MA.Pd
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Noveri Daliansi
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:33
Last Modified: 13 Oct 2020 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item
TOP