Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Nova Yulianti, 150210008 (2020) Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui  Metode  Proyek   Pada   Anak   Usia  4-5  Tahun  di TK IT  Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.]
Preview
Text (Peningkatan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.)
Nova Yulianti, 150210008, FTK, PIAUD, 085359613291.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia dini adalah kemampuan anak dalam mengenal, menunjuk, menyebutkan serta mengumpulkan benda-benda yang ada disekitarnya berdasarkan bentuk geometri. Pemahaman konsep bentuk geometri anak dalam hal mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk, warna, atau ukuran tergolong rendah. Salah satu faktornya karena guru hanya menggunakan metode tanya-jawab dengan pertanyaan sederhana. Metode proyek dapat menjadi salah satu solusinya karena dapat memberikan pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK IT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode yang digunakan berupa quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas A1 dan A3 dengan sampel penelitian anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini terjadinya peningkatan dalam setiap anak. Pencapaian indikator yang telah dirancang mencapai 75% kategori keberhasilan anak berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil penelitian tersebut dapat membuktikan bahwa penggunaan metode proyek mampu meningkatkan pemahaman konsep bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Heliati Fajriah, MA, Pembimbing II : Putri Rahmi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Bentuk Geometri, Metode Proyek
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Nova Yulianti
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:29
Last Modified: 15 Oct 2020 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14536

Actions (login required)

View Item
View Item