Kepercayaan Masyarakat terhadap Tradisi Peutroen Aneuk di Gampong Kutapadang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat

Intan Halimah, 150301020 (2020) Kepercayaan Masyarakat terhadap Tradisi Peutroen Aneuk di Gampong Kutapadang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kepercayaan Masyarakat terhadap Tradisi Peutroen Aneuk di Gampong Kutapadang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat)
Intan Halimah, 150301020, FUF,AFI, 0821-6566-0524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “kepercayaan masyarakat terhadap tradisi Peutroen Aneuk di Gampong Kutapadang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat” mengangkat sebuah masalah bagaimana tradisi dan prosesi peutroen aneuk.
Tujuannya untuk mengetahui pandangan masyarakat dan untuk menemukan beberapa kepercayaan masyarakat terhadap tradisi Peutroen Aneuk di Gampong Kutapadang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif analisis.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa menurut beberapa masyarakat peutroen aneuk ini adalah sebuah tradisi atau budaya yang sering dilakukan ketika anak baru lahir ke dunia agar mendapat kemuliaan, kesejahteraan, kemakmuran ketika hidup di dunia. Tetapi bagi sebagian masyarakat dalam menjalankan tradisi ini terdapat beberapa kepercayaan seperti, jika tradisi ini tidak dilakukan maka akan terjadi hal-hal negative yang tidak diinginkan. Beberapa masyarakat percaya bahwa tradisi ini harus dilakukan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Miskahuddin, M.Si. Pembimbing II : Raina Wildan, S.Fil.I., M.A.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2X3.7 Kepercayaan mengenai hal-hal tertentu
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Intan Halimah
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:25
Last Modified: 26 Oct 2020 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item
TOP