Pola Interaksi Sosial Etnis Cina dan Aneuk Jamee di Tapaktuan (Studi Kasus di Desa Pasar)

Cahaya Wizanalia, 140305043 (2020) Pola Interaksi Sosial Etnis Cina dan Aneuk Jamee di Tapaktuan (Studi Kasus di Desa Pasar). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pola Interaksi Sosial Etnis Cina dan Aneuk Jamee di Tapaktuan (Studi Kasus di Desa Pasar))
Cahaya Wizanalia, 140305043, FUF, SA, 082360328441.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Etnis Cina merupakan salah satu kelompok masyarakat yang hidup di tengah-tengah masyarakat Aneuk Jamee, keberadaan Etnis Cina dapat diterima oleh masyarakat setempat (Aneuk Jamee) tanpa adanya keributan maupun kekacauan walaupun dalam hubungan sosial sehari-hari jarang berbaur atau berinteraksi secara umum dan luas dengan masyarakat setempat, kecuali pada acara-acara tertentu seperti gotong royong, pesta rakyat, memperingati hari kemerdekaan dan acara resepsi pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi Etnis Cina dengan Aneuk Jamee di Desa Pasar, dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat terjadinya pola interaksi sosial.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif. Berdasarkan metode pengumpulan data dan analisis teks, maka penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian teks dan lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam metode kualitatif adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial Etnis Cina dengan masyarakat Aneuk Jamee di Desa Pasar ada dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung, adanya sikap saling menghormati dan rasa simpati dari masyarakat Aneuk Jamee terhadap Etnis Cina sebagai minoritas di Desa Pasar. Faktor penghambat, terjadi pola interaksi sosial yang masih bersifat kurang efektif karena dari segi perbedaan budaya, seperti bahasa, makanan dan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Taslim H. M.Yasin.,M.S.i Pembimbing II : Zuherni, AB. S. Ag., M. Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Cahaya Wizanalia
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:49
Last Modified: 15 Oct 2020 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14563

Actions (login required)

View Item View Item
TOP