Analisis Manajemen Risiko Terhadap Produk Murabahah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh

Dewi Mairinawati, 150603252 (2019) Analisis Manajemen Risiko Terhadap Produk Murabahah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Manajemen Risiko Terhadap Produk Murabahah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Manajemen Risiko Terhadap Produk Murabahah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh)
Dewi Mairina Wati, 150603252, FEBI, PS, 085362580112.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan risiko produk murabahah PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh dan menjelaskan manajemen risiko yang diterapkan oleh objek penelitian ini dalam produk murabahah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan lapangan melalui wawancara dan dokumentasi, jenis penelitian yang digunakan merupakan perpaduan antara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, yakni penelitian yang mengumpulkan data di lapangan, kemudian menganalisisnya dan mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko produk murabahah dengan persentase masih dibawah 3% dari tahun 2017, 2018, 2019. Jauh dari ketentuan Bank Indonesia yaitu 5%, yang artinya bank ini masih sehat dalam menjalankan aktivitasnya. Penerapan manajemen risiko yang di lakukan oleh PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh yaitu menetapkan prinsip kehati-hatian dalam proses pembiayaan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya yang menangani masalah pembiayaan. Teknik manajemen risiko yang dilaksanakan dengan melakukan identifikasi, evaluasi, dan implementasi mengkaji ulang keputusan manajemen risiko produk murabahah pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Analiansyah, M.Ag. Pembimbing II : Evriyenni, S.E., M.Si.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Dewi Mairinawati
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:32
Last Modified: 15 Oct 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14580

Actions (login required)

View Item
View Item