Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pengangguran Di Indonesia

Aje Nira Sanitra, 150604106 (2020) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pengangguran Di Indonesia. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pengangguran Di Indonesia]
Preview
Text (Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pengangguran Di Indonesia)
Aje Nira Sanitra, 150605106, FEBI, IE, 081262063961.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengangguran merupakan masalah yang paling krusial dalam suatu perekonomian, masalah pengangguran terjadi sebagai akibat dari ketidakseimbangan antara lapangan kerja yang tersedia dengan jumlah angkatan kerja yang setiap tahunnya meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia terhadap pengangguran di Indonesia periode 2011-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder dalam bentuk data panel. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan model terpilih yaitu fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengangguran di Indonesia. Sedangkan indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengangguran di Indonesia. Saran dari penelitian ini yaitu pemerintah harus lebih memperhatikan lagi sektor IPM dengan meningkatkan dan pemerataan bagi daerah-daerah terpencil yang tingkat IPMnya masih kurang ataupun rendah.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Adnan, SE., M.Si Pembimbing II : Abrar Amri, SE., S.Pd.I., M.Si
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.7 Ketenagakerjaan Berdasarkan Industri dan Pekerjaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Aje Nira Sanitra
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:28
Last Modified: 15 Oct 2020 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item
View Item