Penerapan Role Play dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN Pada Materi Fiqh (Bab Nikah)

Mukminaturrayyan, 150201091 (2020) Penerapan Role Play dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN Pada Materi Fiqh (Bab Nikah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Role Play dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Role Play dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa)
Mukminaturrayyan,150201091, FTK, PAI, 085359418146.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Banda Aceh, permasalahan dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana penerapan metode Role play pada pembelajaran Fiqh materi bab nikah di MAN 1 Banda Aceh dan bagaimana hasil belajar siswa pada materi bab nikah dengan menggunakan metode pembelajaran Role Play. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran Fiqh tentang bab nikah dengan menerapkan model pembelajaran Role Play. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 yang terdiri dari 38 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar siswa berupa pretes, postes, dan wawancara. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 14 Januari 2020 sampai 31 Januari 2020 di MAN 1 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran Fiqh. Peningkatan hasil pembelajaran Fiqh dapat dilihat pada siklus I siswa memiliki ketuntasan belajar sebesar 55,26 % dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 81,57%. Hasil tes belajar siswa pada tahap kedua menunjukkan bahwa hanya ada 7 orang siswa yang tidak tuntas dan 31 orang yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM dari mata pelajaran Fiqh pada kelas XI IPA3 MAN 1 Banda Aceh. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Hamdiah, MA 2. M. Yusuf, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan Role Play, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukminaturrayyan Rayyan
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:03
Last Modified: 10 Nov 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item
View Item