Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pada Masa Pesta Demokrasi Di Aceh Selatan Tahun 2018 Dalam Perspektif Fiqih Siyasah

Feri Maulija, 140105071 (2020) Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pada Masa Pesta Demokrasi Di Aceh Selatan Tahun 2018 Dalam Perspektif Fiqih Siyasah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pada Masa Pesta Demokrasi Di Aceh Selatan Tahun 2018 Dalam Perspektif Fiqih Siyasah)
Feri Maulija, 140105071, FSH, HTN, 08527471050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pilkada di Aceh Selatan Tahun 2018 masyarakat sangat antusias, antusias masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari pergerakan masyarakat menggunakan hak pilihnya di setiap TPS. Himbauan Pj Bupati Aceh Selatan kepada seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing, tanpa paksaan dan intimidasi serta saling menjaga ketertiban dan keamanan di daerahnya masing-masing. Namun fakta yang terjadi yang terjadi, banyak pelanggaran hukum yang dilakukan, seperti maraknya politik uang, kampanye hitam dan pemilu yang tidak sesuai aturan, sehingga terjadi sengketa dan gugatan hasil pemilu. Menyikapi masalah tersebut peran BAWASLU sangat diharapkan agar kestabilan pemilu dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika dalam pelaksanaan pilkada, peran dan wewenang BAWASLU, serta faktor peluang dan tantangan yang dihadapi BAWASLU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan turun ke lokasi di Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang terjadi di antaranya money politic, black campain. manipulasi laporan dana kampanye. Peran bawasalu di antaranya melakukan sosialisai, menindak dengan tegas bagi yang mmelanggar aturan, serta menjadi kestabilan pemilu. Sedangkan peluang yakni antusias masyarakat, adanya dukungan dari Komitmen Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Adapun tantangannya komitmen penegakan hukum yang belum memadai dan Masyarakat masih belum percaya terhadap independensi dan kualitas putusan lembaga peradilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hasanuddin Yusuf Adan, MCL., MA, Pembimbing II : Bustamam Usman, SH.I., MA
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Demokrasi, Fiqih Siyasah, Bawaslu
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Feri Maulija
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:36
Last Modified: 19 Oct 2020 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item View Item
TOP