Pelaksanaan Model Pengawasan Wilayatul Hisbah Tentang Khalwat Di Kabupaten Aceh Barat Daya

T Syukrul Aidi, 150403031 (2020) Pelaksanaan Model Pengawasan Wilayatul Hisbah Tentang Khalwat Di Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pelaksanaan Model Pengawasan Wilayatul Hisbah Tentang Khalwat Di Kabupaten Aceh Barat Daya)
T Syukrul Aidi, 150403031, FDK, MD, 081360402025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengawasan dan pencegahan terhadap pelaksanaan qanun syariat Islam merupakan bentuk tanggung jawab dan kewajiban setiap umat muslim. Perintah Allah kepada setiap umat muslim untuk menyeru saudara muslim lainnya kepada hal yang ma’ruf dan mencegah dari hal yang mungkar agar terhindar dari perbuatan maksiat. Untuk membentuk masyarakat yang Islami di Kabupaten Aceh Barat Daya, upaya pengawasan dan pencegahan dilakukan oleh Wilayatul Hisbah.Lembaga ini bertugas mengawasi pelaksanaan syariat Islam dengan tujuan untuk terlaksananya syariat Islam secara kaffah di bumi Aceh Barat Daya. Akan tetapi fakta yang peneliti temukan di lapangan khususnya di Kabupaten Aceh Barat Daya, ternyata masih terdapat pergaulan kaum remaja dan kaum dewasa yang melanggar syari;at seperti khalwat dan sejenisnya yang mana perbuatan tersebut bisa menjerusmuskan seseorang kepada perbuatan zina. Tujuan dilakukannya penelitian ini, pertama untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mendorong masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya untuk melakukan khalwat, kedua apa saja upaya-upaya yang dilakukan Wilayatul Hisbah untuk mencegah terjadinya perbuatan khalwat di Kabupaten Aceh Barat Daya, ketiga bagaimana model pengawasan Wilayatul Hisbah Kabupaten Aceh Barat Daya dalam mencegah khalwat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan dan wawancara dengan manajemen dan personil lapangan Wilayatul Hisbah di Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan model pengawasan Wilayatul Hisbah dalam mencegah khalwat di Kabupaten Aceh Barat Daya adalah dengan sosialisi melakukan pengawasan berupa patroli rutin di tempat-tempat keramaian khususnya di tempat-tempat wisata, bekerjasama dengan aparatur masyarakat. Adapun faktor penghambat Wilayatul Hisbah adalah kurangnya dukungan masyarakat dan masih banyak yang bersikap acuh dalam menegakkan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pengawasan, Wilayatul Hisbah di Kabupaten Aceh Barat Daya
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: T Syukrul Aidi
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:46
Last Modified: 22 Oct 2020 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item View Item
TOP