Pengembangan LKPD Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom di MAN Sabang

Maulina Sari, 150208034 (2019) Pengembangan LKPD Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom di MAN Sabang. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Terintegrasi Keislaman pada Materi      Struktur Atom di MAN Sabang]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom di MAN Sabang)
Maulina Sari, 150208034, FTK, PKM, 082277488917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Integrasi Islam pada pembelajaran kimia penting dilakukan agar membentuk peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MAN Sabang diperoleh informasi bahwa pembelajaran kimia yang berlangsung selama ini sebagian besar masih berpusat pada guru, penggunaan LKPD belum diterapkan sepenuhnya, pemberian tugas pada siswa diberi berdasarkan buku pelajaran yang digunakan. Fakta lain di lapangan menujukkan bahwa pembelajaran kimia belum menerapkan pembelajaran yang terintegrasi keislaman. Hal ini tidak sesuai dengan peraturan Menteri Agama Nomor 90 tahun 2013 tentang penyelenggaran pendidikan madrasah. Madrasah Aliyah seharusnya memberikan pembelajaran bernuansa islami salah satunya dengan terintegrasi keislaman khususnya pada materi struktur atom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan LKPD, respon guru dan peserta didik terhadap LKPD terintegrasi keislaman yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 81,25%, hal ini menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi keislaman dapat digunakan dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari respon guru 69% sangat setuju, 27% setuju, dan 4% ragu-ragu, sedangkan persentase yang diperoleh dari respon peserta didik sebesar 74% sangat setuju, 18% setuju, dan 8% ragu-ragu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan LKPD terintegrasi keislaman yang dikembangkan dapat digunakan di MAN Sabang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurbayani, S.Ag., MA, Pembimbing II : Asnaini, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulina Sari
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:29
Last Modified: 26 Oct 2020 01:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item
View Item