Dedi Setia Darma, 140206052 (2019) Manajerial Skill Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Kampus Ganda di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Dedi Setia Darma, 140206052, FTK, MPI, 081396899038.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Dalam Pengelolaan Madrasah seorang Kepala Madrasah dituntut mempunyai kemampuan untuk mengatur madrasah dengan baik, kemampuan yang dimaksud disini adalah kemampuan Manajerial dari kepala madrasah dalam mengelola madrasah yang berlokasi ganda. Manajerial skill yang dimaksud disini adalah kemampuan,kecakapan, dan keterampilan yang dimilki oleh kepala madrasah. Pengelolaan kampus ganda adalah penyelenggaraan atau pengurusan madrasah yang berlokasi ganda agar dapat bejalan dengan lacar, efektif dan efesien, ada beberapa permasalahan yang terdapat di dalam madrasah yang berlokasi ganda yaitu siswa kurang disiplin dikarenakan kurangnya pengawasan, guru sedikit sering terlambat masuk dikarenakan menghabiskan waktu dalam perjalan ke dua lokasi madrasah, menurunnya siswa baru yang masuk pada tahun ajaran baru. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan pengelolaan kampus ganda yang dilaksanakan kepala madrasah, untuk mengetahui proses pengelolaan kampus ganda, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dalam pengelolaan kampus ganda di MAN 2 Aceh Selatan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa Pertama, perencanaan pengelolaan kampus ganda yang dilaksanakan kepala madrasah (1) Perumusan visi dan misi. (2) Perumusan tujuan dan sasaran. (3) Penyusunan rencana kerja. (4) Penyusunan anggaran,.Kedua, Proses pengelolaan kampus ganda yang dilaksankan kepala madrasah (1) Pengelolaan kurikulum. (2) Pengelolaan tenaga pendidik (guru). (3) Pengelolaan tenaga kependidikan. (4) Pengelolaan peserta didik. (5) Pengelolaan sarana dan prasarana. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi kepala madrasah dalam pengelolaan kampus ganda. Faktor pendukung (1) Kemampuan kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan madrasah. (2) Guru yang berperan dalam proses pembelajaran. (3) Komite. (4) Wali murid. (5) Tokoh masyarakat yang ada di sekitar madrasah. Faktor penghambat (1) Keterbatasannya sumber daya manusia. (2) Keterbatasan sarana dan prasarana atau fasilitas penunjang untuk pengelolaan kampus ganda di MAN 2 Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.Sri Rahmi, MA Pembimbing II : Mumtazul Fikri, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Manajerial Skill Kepala Madrasah, Pengelolaan Kampus Ganda |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.332 Aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dedi Setia Darma Dedi |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 03:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14642 |