Al-ittijah ar-rumantiki fi syi’ri anaa yaa sadiqah mut’ab bi’urubati li nizar qabbani(dirasah tahliliyah washfiyah)

Maulana Achsan, 140502007 (2020) Al-ittijah ar-rumantiki fi syi’ri anaa yaa sadiqah mut’ab bi’urubati li nizar qabbani(dirasah tahliliyah washfiyah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Al-ittijah ar-rumantiki fi syi’ri anaa yaa sadiqah mut’ab     bi’urubati li nizar qabbani(dirasah tahliliyah washfiyah)]
Preview
Text (Al-ittijah ar-rumantiki fi syi’ri anaa yaa sadiqah mut’ab bi’urubati li nizar qabbani(dirasah tahliliyah washfiyah))
Maulana Achsan, 140502007, BSA, 085295370646.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul al-ittijah ar-rumanttik fi syi’ri anaa yaa sadiqah mut’ab bi ‘urubaty li nizar qabbani (Dirasah tahliliyah washfiyah), Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang pandangan romantisme secara umum yang terdapat di dalam syair anaa yaa sadiqah mut’ab bi ‘urubaty. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu bahwa syair anaa yaa sadiqah mut’ab bi ‘urubaty li nizar qabbani yang dikarang oleh Nizar Qabbani, dalam hal ini peneliti hanya mengkaji pandangan romantisme secara umum dalam pendekatan sosio politik. Pengarang syair ini mengkritik dan menyindir tentang perkembangan sosial politik dalam ruang lingkup jazirah Arab, akan tetapi kritikan dan sindiran yang ia utarakan dalam syair ini merupakan bentuk kesedihan, kegundahan, cinta, dan rasa nasionalismenya yang sangat tinggi terhadap jazirah Arab. Maka dari hal itu peneliti mengkaji syair yang bertemakan politik ini dengan kajian romantisme sastra secara umum. Secara keseluruhan syair ini mengandung 10 faqrah dan peneliti hanya mendapatkan 7 macam bentuk pandangan romantisme yang tentunya yang tujuh tersebut terdapat tanda-tanda romantisme. Dalam penelitian ini peneliti juga mengkaji tentang bagaimana proses lahirnya syair ini sehingga menjadi salah satu karya yang sangat berpengaruh dalam sosial politik khususnya dalam jazirah Arab pada saat itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Syarifuddin, MA, Ph.D Aiyub Berdan, Lc., MA
Subjects: 800 Literature (Sastra) > 808 Retorika dan Kumpulan teks Sastra lebih dari satu sastra > 808.8 Koleksi teks sastra dari dua sastra atau lebih
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Maulana Achsan
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:50
Last Modified: 27 Oct 2020 04:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14646

Actions (login required)

View Item
View Item