Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Inside-Outside-Circle pada Pembelajaran PPKn Kelas IV MIN 32 Aceh Timur

Gita Nadia, 150209032 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Inside-Outside-Circle pada Pembelajaran PPKn Kelas IV MIN 32 Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar siswa Melalui Model  Kooperatif  Inside-Outside-Circle pada Pembelajaran PPKn kelas IV MIN 32 Aceh Timur]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar siswa Melalui Model Kooperatif Inside-Outside-Circle pada Pembelajaran PPKn kelas IV MIN 32 Aceh Timur)
Gita Nadia, 150209036. FTK, PGMI, 082367038471.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada MIN 32 Aceh Timur di kelas IV, terlihat proses belajar mengajar berlangsung satu arah. Siswa hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan oleh guru. Siwa kurang antusias dan cenderung lalai dengan sendirinya. Ketika guru mengajukan pertanyaan, banyak siswa yang tidak faham dengan isi pembelajaran yang baru saja berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan model pembelajaran yang masih umum. Dengan demikian, proses pembelajaran terkesan kurang menarik dan siswa tidak memahami apa yang dijelaskan oleh guru sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang tidak meningkat. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk melakukan upaya dengan menerapkan model pembelajaran Inside-outside-circle yaitu model pembelajaran yang dapat membuat siswa itu lebih aktif guna untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model Inside-outside-circle pada pembelajaran PPKn Kelas IV MIN 32 Aceh Timur. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam model Inside-outside-circle pada pembelajaran PPKn Kelas IV MIN 32 Aceh Timur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase 75%. Pada siklus II aktivitas guru dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dengan persentase 92,85%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dalam mengikuti pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase 69,73%. Pada siklus II aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dengan persentase 96,05%. (3) Hasil tes pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 2.610 dengan persentase 74,57% dengan jumlah 23 orang siswa yang tuntas dan 12 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi dengan 3.290 dengan persentase 94% dengan jumlah 32 orang siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 91,43%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inside-outside-circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, M.Pd Pembimbing II : Sri Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Inside-Outside-Circle, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Gita Nadia
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:01
Last Modified: 26 Oct 2020 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14654

Actions (login required)

View Item
View Item