Keanekaragaman Bivalvia di Ekosistem Mangrove Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan

Sri Afrriyanti, 281324898 (2020) Keanekaragaman Bivalvia di Ekosistem Mangrove Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekaragaman Bivalvia di Ekosistem Mangrove Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan]
Preview
Text (Keanekaragaman Bivalvia di Ekosistem Mangrove Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Praktikum Ekologi Hewan)
Sri Afriyanti, 281324898, FTK, PBL, 082362013855.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Bivalvia meupakan salah satu Kelas dari Filum Moluska. Bivalvia menempati habitat di dasar perairan yang berlumpur atau berpasir, beberapa hidup pada substrat yang lebih keras seperti lempeng kayu atau batu. Keanekaragaman Bivalvia di Ekosistem Mangrove dapat dijadikan referensi pada praktikum Mata Kuliah Ekologi Hewan pada materi fauna terestrial dan fauna perairan. Ekosistem mangrove Kecamatan Syiah Kuala merupakan salah satu habitat dari Bivalvia yang keanekaragamannya belum pernah dilaporkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Bivalvia dan untuk mengetahui pemanfaatan hasil penelitian keanekaragaman Bivalvia di ekosistem mangrove Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Ekologi Hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi transek garis dan transek kuadrat. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Lokasi pengambilan sampel terbagi dalam 4 stasiun, yaitu ekosistem mangrove Deah raya, ekosistem mangrove Rukoh, ekosistem mangrove Baet dan ekosistem mangrove di Tibang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 11 jenis Bivalvia dari 6 Ordo, yaitu Arcoida, Veneroida, Anisomyria, Ostreoida, Venerida dan Cardiida. Keanekaragaman Bivalvia secara keseluruhan tergolong sedang dengan nilai Ĥ yaitu 1.204149758. Pemanfaatan hasil penelitian keanekaragaman Bivalvia di ekosistem mangrove Kecamatan Syiah Kuala sebagai penunjang praktikum Ekologi Hewan yaitu dalam bentuk buku saku. Kesimpulan yang diperoleh adalah tingkat keanekaragaman tergolong sedang dan dihasilkan buku saku sebagai penunjang praktikum Ekologi Hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman, Bivalvia, Ekosistem Mangrove Kecamatan Syiah Kuala
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sri Afriyanti
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:30
Last Modified: 26 Oct 2020 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14658

Actions (login required)

View Item
View Item